Blog

Ancika

Ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Duh, yang pernah mengalami pasti tahu banget deh bagaimana perasaan Dilan waktu diputusin Milea. Sesak, pusing, mual, nafsu makan turun begitu kira-kira gambarannya. 

Dilan galau bukan main, mempertahankan Milea atau menghormati keputusannya. Akhirnya Dilan memilih diam dan mengambil jarak. Pangeran tempur juga manusia guys, bisa patah hati dan galau. Dilan bersama gengnya pergi ke atas bukit untuk merilis kesedihannya.

Di saat bersamaan, Milea telah menyesali keputusannya menyudahi hubungan dengan Dilan. Dia telah begitu bahagia bersama Dilan. Berulang kali dia menanyakan kabar Dilan, tapi yang didapat adalah kabar yang membuatnya sangat sedih. Dilan telah memiliki pacar baru. Seperti halnya Dilan, Milea juga memilih mengambil jarak dan mengamati Dilan dari jauh.

Dilan mendengar kabar Milea pergi bersama cowok lain. Dilan pikir, siapa lagi kalau bukan cowok barunya Milea? Mengetahui kabar itu, Dilan mengambil sikap move on. Tertutup kesempatan mereka untuk balikan. Kamu yang mengikuti perjalanan cinta Dilan dan Milea pasti gemes deh. Kenapa sih tidak saling ngobrol aja biar clear? kan masih saling cinta.

Guys, cerita Dilan dengan latar tahun 90-an suasanya jauh berbeda dengan sekarang. Saat itu belum ada handphone yang bisa dibawa ke mana aja. Kalau tidak komunikasi langsung, ya lewat teman, atau telepon rumah. Beda dengan sekarang, kita mudah banget klarifikasi ke pasangan. Tiap ada pesan kita bisa baca saat itu juga. Doi lagi ngetik, kita di sini langsung tahu. Mudah sekali menyambung komunikasi.

Tapi yasudahlah ya, bagaimanapun itu, hidup terus berlanjut meskipun orang yang kita cintai sudah tidak ada di sisi lagi. Mau sekeras apa pun kita berusaha untuk membenahi masa lalu tidak akan pernah bisa. Jadi terima aja. Kira-kira begitu keadaan yang harus Dilan terima.

BACA JUGA: Ancika Mehrunisa Rabu, Siapakah Dia?

Benar saja, kisah cinta Dilan tidak berhenti di Milea. Siapakah pacar Dilan setelah Milea? Tim Dilan-Milea jangan kecewa ya. Hehe. Sebagian netizen sudah tahu kali ya. Inisialnya A, bukan Abdul ya, sorry. Namanya Ancika Mehrunisa Rabu, jangan disingkat “Amer” pliss, panggil saja Cik atau Cika. Saat Dilan kuliah tingkat tiga, Cika masih anak SMA.

Kurang lebih sosok Cika telah disebut Dilan di novel Milea. Mengutip dari novel itu, begini posisi Ancika untuk Dilan:

“Ketika akhirnya aku bertemu Cika, aku hanya memikirkan dirinya. Aku ingin dengan Cika dalam sejuta tahun ke depan, di seluruh pelosok dunia, di semua harapan dan kenyataan. Sedangkan masa lalu harus tetap tinggal di masa lalu.”

Atau dalam puisi ini:

Ancika Mehrunisa Rabu

Cika

Cika, Cikawao. Cika, Cikalong Wetan.

Cika, Cikadut Atas. Cika, Cikarang Selatan. Cika,

Cikaso Banjarsari. Cika, Cikahuripan. Cika, Cikajang

Garut. Cika, Cikakak Sukabumi. Cika, Cikao Purwakarta.

Cika, Cikamuning. Cika, Cikampek Pantura.

Cika, Cikande Serang. Cika, Cikapundung Electronic

Centre. Cika, Cikapayang Dago.

Cika, Cikawung Pandeglang. Cika, Cikawao Motor.

Cika ada di mana-mana. Cika juga di dalam kepalaku.

Cika juga di dalam semua perasaan riangku.

Yang hilang akan terganti. Perjalanan cinta Dilan terus berlanjut meskipun tidak bersama Milea, Ancika membuka ruang baru di hati Dilan.

Ancika tentu punya kisah cinta yang seru juga. Dilan gitu loh, yang uniknya orisinal. Kata Dilan, Ancika telah lolos uji karena telah menerima dia saat kondisi tidak keren, dan jelek. Kalau sudah baca Novel Dilan pasti tahulah, begitu mudahnya menyukai Dilan.

Ancika tidak banyak dibahas di Novel Milea: Suara dari Dilan, karena Dilan ingin agar Ancika yang cerita sendiri. Seperti halnya dengan Milea, Pacar Dilan setelah Milea ini juga punya banyak cerita tentang Dilan. Termasuk, apakah Ancika adalah cinta terakhir Dilan? Pertanyaan itu akan terjawab di buku Ancika yang kabarnya akan terbit tahun ini. Tim Ancika pasti udah menunggu-nunggu nih. Mimin pun begitu. Ayah Pidi Baiq sedang giat-giatnya menyelesaikan novel Ancika: Dilan Yang Bersamaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *