FaceApp Nge-hits Lagi, Kenali Bahayanya Sebelum Ikut Tren

sumber: kaltim.tribunnews.com

Para artis, actor, influencers internasional marak menggunakan FaceApp, sebuah aplikasi yang menggambarkan muka kita saat tua di masa depan. Aplikasi ini mengubah wajah pada sebuah foto supaya terlihat tua dengan adanya kerutan di wajah serta perubahan yang bikin lucu. Kemudian, mereka mengunggahnya ke Instagram dan berbagai kanal media sosial.

Akibatnya, FaceApp ini menjadi marak kembali. Warganet pun tak ingin ketinggalan mau melihat gambaran wajah tuanya di masa depan. Ada yang memandang wajah tersebut memang akan terjadi seperti itu, ada pula yang memang tidak mirip atau justru aneh dan tidak seperti yang diharapkan.

FaceApp ini ditandai dengan tagar #AgeChallenge. Ada yang merasa dirinya saat tua malah masih cantik, ganteng, ada juga yang justru aneh. Namun begitu, FaceApp juga mengundang kontroversi lantaran terdapat bahaya dari penggunaan ini.

Mengutip laman Forbes.com, FaceApp mendadak viral pada tahun 2017. Namun, sejak selebriti melakukan AgeChallenge, FaceApp pun gemari digunakan lagi oleh warganet.

Aplikasi tersebut menggunakan artifisial intelegensi untuk menciptakan wajah yang nanti akan terlihat di beberapa dekade ke depan di iPhone atau android. Tetapi, ada satu cuitan yang membuat panik warganet ketika pengembang (aplikasi) memperingatkan bahwa aplikasi dapat mengambil seluruh foto yang ada di ponselmu dan diunggah ke servernya tanpa izin yang jelas dari pengguna.

Kini identitas seseorang semakin dapat terbuka. Bukan hanya sidik jari, melainkan wajah yang biometriknya dapat dilihat akibat menggunakan aplikasi ini. Tantangan dari bahaya ini bukan hanya ada di FaceApp, bisa jadi di aplikasi lain.

Saat mengaktifkan aplikasi, ia akan meminta data nama, telepon, surel, folder gambar, dokumen dan lain-lain. Aktivitas keseharian pun bisa terakses dan kita tidak sadari itu.

Jadi, masih mau gunakan FaceApp?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *