Blog

89232786_504221170291239_2600537063962491472_n

Lagi-lagi dunia Wattpad geger. Kini, ada novel baru yang akan rilis di Pastel Books hasil dari penulis kenamaan Bayu Permana. Siapa yang tak kenal BayuPermana31 ? Penulis buku juga Wattpad ulung yang telah memenangkan kontes Wattys!

Karyanya yang berjudul “Utara” akan segera rilis di bulan April 2020. Utara adalah cerita dengan teen fiction jika mengacu genre di platform Wattpad. Atau bisa juga disebut genre young adult. Fokus cerita ini adalah tentang penerimaan diri sendiri.

Ini kisah tentang Uttam dan Amanda, dua tokoh utama yang ingin membuktikan bahwa menjadi diri sendiri yang tidak sesuai dengan stereotip gender di masyarakat itu tidak apa-apa, selama mereka bahagia dan tidak merugikan siapa-siapa.

Kisah Utara ini merupakan karya Bayu Permana. Ia menulis kisah ini sekitar akhir tahun 2018. Selama satu tahun lebih, ia sibuk menggarap Utara hingga ceritanya dibaca oleh banyak orang.

Selayaknya cerita remaja lainnya, Utara berfokus di kisah romansa dan persahabatan. Namun, Utara juga memiliki pembahasan lebih tentang penerimaan diri. Bagaimana menghargai diri sendiri tanpa perlu merendahkan orang lain.

Pasalnya, belum banyak novel yang secara langsung menyelipkan secara gamblang soal penerimaan diri. Apalagi tentang mendobrak stereotip gender yang selama ini terus hadir di lingkungan masyarakat. Melalui Utara, Bayu menuliskannya perlahan supaya mampu terbaca pesannya.

Amanda

Utara punya banyak tokoh, terutama karena cerita ini merupakan pembuka dari sebuah tetralogi bernama Compass Boys–grup persahabatan beranggotakan Uttam, Bara, Marcel, dan Tristan. Tentu saja, Amanda adalah salah satu tokoh cerita ini. Ditambah Mangi, Maudi, dan tokoh-tokoh lain yang masing-masing punya peran penting pada cerita.

SMA Senjakarsa tidak terletak tepat di samping jalan raya besar. Letaknya agak tersembunyi, berdampingan dengan rumah-rumah lama dan pohon-pohon besar di halaman. Hal itu menjadikan sekolah ini seperti berada di masa lalu. Akan tetapi, fasilitas dan sarana prasarana terbilang modern dan yang paling baru. SMA Senjakarsa bukan sekolah dengan jumlah murid terbanyak. Mereka sangat selektif dalam memilih murid. Jumlah kelas hanya empat per jurusan, dengan dua puluh lima murid di dalamnya.

Bayu tidak menyebutkan secara spesifik latar tempat cerita Utara. Tetapi, tempatnya mengadopsi ibu kota Indonesia alias Jakarta. Insipirasi terbesar untuk menulis Utara datang dari pengalaman-pengalaman dan keresahannya sendiri, yakni di mana masyarakat masih suka mengatur orang lain dan menggeneralisasi tindakan seseorang terutama karena gendernya.

Dalam cerita Utara, konflik internal dan eksternal dengan tokoh lain punya porsi yang seimbang. Keragaman latar belakang, keahlian, dan daya tarik masing-masing tokoh pun lebih bervariasi. Sehingga novel ini dicintai para pembacanya semenjak di Wattpad. Setelah mendapat kabar bahwa Utara akan dijadikan buku, warganet pun senang bukan main. Terlihat dari kolom komentar Instagram Pastel Books bahkan di akun Bayu sendiri.

BACA JUGA : Novel Utara, Cerita Persahabatan Geng “Compass Boy”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *