fbpx

Blog

77087731_727623344410095_7884320499446546018_n

Namanya mimpi ya harus setinggi langit. Seperti banyak orang yang ingin merasakan sensasi hidup di luar negeri melalui bersekolah. Selain menikmati keindahan negeri sebelah, duduk di bangku sekolah luar negeri menjadi prestise di Indonesia. Apalagi kalau beasiswa ke luar negeri, wah semakin harum saja namanya.

Mencapai pendidikan yang sesuai dengan minatnya adalah cita-cita banyak orang. Makanya, banyak orang yang ingin mendapatkan gelar dari luar negeri. Pendidikan di luar pun terkenal kerennya sesuai dengan jurusan masing-masing.

Tetapi, bagaimana sih sebenarnya kita bisa pergi meraih beasiswa ke luar negeri? Apakah kita harus pintar bahasa inggris saja? tentu tidak kawan. Ini ada tips dari mimin supaya kamu makin tahu bagaimana caranya mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Kenali Minat dan Bakat

Sebelum meloncat ke jenis beasiswa, kamu harus tahu minat dan bakat kamu. Apa sih yang mau dipelajari? Mau seperti apa sih kamu di beberapa tahun ke depan? Nah, dengan mengenali minat dan bakat kamu jadi makin kuat pendirian dan mempermudah jalan kamu ke depannya. Terus, gimana sih cari tahu minat dan bakat? Udah banyak kok tes minat dan bakat. Biasanya, kalau sekolahnya peduli dengan hal seperti ini, mereka suka menggelar tes minat dan bakat untuk anak didiknya. Cari online juga banyak, tentu yang kredibel ya!

Cari Jurusan dan Universitas

Setelah memantapkan diri dengan jurusan diambil, tentu sudah sepaket dengan universitasnya dong! Nah, cari tahu seluk beluk jurusan dan universitas kamu itu. Cari tahu juga universitas mana saja yang memiliki jurusan yang kamu mau. Supaya kamu punya daftar universitas yang sekiranya dirasa cocok dengan jurusan kamu itu.

Riset Beasiswa

Ketika kamu tahu tiga universitas teratas yang sekiranya bakal kamu daftarkan, jangan lupa cari beasiswa apa aja yang bisa meliputi universitasmu. Selain dana dari pemerintah Indonesia, beasiswa juga banyak diberikan dari pemerintah luar negeri. Atau, beasiswa dari universitasnya sendiri juga suka tersedia lho. Selain itu, ada juga beasiswa dari berbagai yayasan yang bisa kamu cari tahu asal usulnya ya. Jangan males riset!

Tes TOEFL/IELTS

Tes TOEFL/IELTS sedini mungkin! Eh, maksudnya belajarnya hehehe. Kamu harus tahu universitas kamu nerima TOEFL atau IELTS nih? Soalnya keduanya itu beda lho. Nah, buat kamu yang enggak mau sia-sia takutnya poin TOEFL atau IELTS nya kurang, belajar saja ke les-les bahasa inggris yang khusus untuk tes dua hal itu.

Lengkapi Administrasi

Hal-hal kecil perintilan administrasi harus ada dalam satu dokumen ya. Unggah hasil scan semua administrasi ke drive google atau dropbox, atau apapun di internet supaya mudah untuk unggah administrasi ke depannya.

BACA JUGA : 5 Anak Indonesia yang Belajar di Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *