Kedatangan Binatang Ini Jadi Pertanda Munculnya Hantu, Benarkah?

Pernah mendengarkan suara anjing menggonggong di malam hari? Atau suara kaki berjalan di atas atap rumah? Waw! Menakutkan. Bisa jadi hal itu pertanda bahwa ada hal misterius di sekitar kamu.

Di beberapa daerah muncul mitos yang dikaitkan dengan hal menyeramkan. Selain bangunan atau jalanan, binatang juga sering dikaitkan dengan hal-hal tersebut. Apa saja sih yang suka dikaitkan dengan fenomena mistis ini?

  1. Suara burung hantu di malam hari dianggap menyambut kedatangan makhluk halus. Seperti namanya, burung hantu sering dikaitkan dengan hantu dan sosok mistis lain. Dalam kebudayaan Jawa, kemunculan burung hantu erat kaitannya dengan kematian, kemalangan, dan munculnya sosok.
  2. Lolongan anjing juga erat kaitannya dengan hadirnya makhluk gaib. Pertanda itu seringkali membuat bulu kuduk berdiri. Gonggongan anjing juga bentuk komunikasi dengan makhluk gaib. Hampir di seluruh negara, lolongan anjing adalah tanda adanya makhluk halus lewat.
  3. Ular hitam di Indonesia dianggap sebagai jin ular. Beberapa menganggap ular itu baik atau jahat. Dalam mitos, ular tersebut tidak boleh dibunuh sebab ia akan menghilang dan mengecil sendiri.
  4. Cungcuing atau Kedasih adalah jenis burung yang sering dikaitkan dengan kematian seseorang. Burung ini kecil, sering berkamuflase dan jarang terlihat.
  5. Kucing hitam suka dipakai di film horror atau novel hantu. Ia dianggap sebagai simbol munculnya makhluk gaib. Orang menganggap jika ia di malam hari muncul dan bertingkah aneh, ada hal gaib atau peruntungan yang jelek.