fbpx

Blog

77087731_727623344410095_7884320499446546018_n

Setiap orang yang ambis sama kuliah biasanya punya cita-cita kuliah ke luar negeri deh. Mau ke Asia sampai Eropa pasti dijalanin bagaimana pun cara meraih beasiswa. Apalagi peluang mendapat beasiswa ke luar negeri semakin mudah dibantu oleh negara lewat LPDP salah satunya. Meskipun banyak beasiswa-beasiswa lain yang ditawarkan langsung oleh universitas atau pemerintah setempat.

Tak terkecuali Angga Fauzan yang sedari dulu sangat menjunjung pendidikan. Meskipun ia berlatar belakang keluarga yang kurang mampu, Angga dapat membuktikan bahwa ia bisa sukses meraih beasiswa ke luar negeri. Negara impiannya ke Skotlandia.

Angga meraih beasiswa LPDP ke Universitas Edinburgh. Ia belajar Design and Digital Media di sana lho. Sebelumnya, Angga pernah duduk di bangku sarjana jurusan Desain dan Komunikasi Visual ITB. Cita-citanya ini terinspirasi saat ia membaca buku Laskar Pelangi, lho.

Terus, gimana sih cara meraih beasiswa ke luar negeri?

Kenali Tujuan

Menurut Angga, mengerti tujuannya dulu untuk apa mau dapat beasiswa. Karena memang baginya tidak semua orang harus demikian. Jadi, jangan sampai ikut-ikutan saja. Nah lhoo…. jangan sampai cuma ikut tren atau cuman pengen pergi aja kamu jadi bingung harus gimana. Tujuan kamu apa sih? Yuk cari tahu!

Persiapan Diri

Setelahnya, mempersiapkan dari diri sendiri, semisal nilai akademik, kompetensi bahasa, wawasan soal bidang yang kita pelajari (lingkup pekerjaan, tren, dampak, masalah, peluang, dan sebagainya). Ini penting banget supaya kita semakin tahu apa yang akan kita lakukan ke depan. Baik untuk diri sendiri juga negara. Pasalnya, kalau kamu belum punya persiapan diri yang matang, melengkapi syarat-syarat beasiswa pun akan sulit.

angga
Angga di Edinburgh

Eksplorasi Diri

Kemudian rajin mengeksplorasi diri. Misalnya, dulu Angga suka ikut konferensi dan menulis paper, mengerjakan beragam proyek, magang beberapa kali, dan sebagainya. Ini penting banget lho supaya kita punya banyak pengalaman, luasnya wawasan, dan pemberi beasiswa akan semakin yakin dengan kemampuan kita.

Cari Info

Jangan males cari info! Angga tak lupa juga rajin mencari informasi mengenai universitas dan beasiswa yang ada di berbagai negara dunia. Bukan cuma LPDP lho, kamu juga bisa menemukan beasiswa dari masing-masing universitas, bahkan pemerintah setempat yang menyediakan beasiswa buat warga luar negerinya. No males-males club yah buat googling. wehehhehehehe

BACA JUGA :Sekilas Tentang Buku -8’C Karya Angga Fauzan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *