fbpx

Blog

83387795_182817786278799_5120981269934750644_n

Udah nulis banyak-banyak terus kita print dan dibaca sama temen-temen sih bilangnya bagus-bagus aja. Tapi ternyata jadi penulis tuh enggak semudah itu ya apalagi sampai ditolak penerbit. Terus harus kayak gimana sih biar tulisan kita bisa masuk ke penerbit, buku kita mejeng di toko buku, dan nama kita jadi terkenal kayak JK Rowling?

Nggak semudah itu loh, JK Rowling aja Ditolak banyak penerbit sama kayak Angga Fauzan yang sudah menulis tentang kisah perjalanannya di Wattpad. Tapi setelah ia menyodorkan tulisannya ke berbagai penerbit tak ada satupun yang ingin menerbitkan tulisan itu.

Tapi kabar gembira, Pastelbooks telah merilis buku hasil karya Angga Fauzan yang sangat inspiratif judulnya -8°C. Mungkin agak bingung ya kenapa judulnya pakai minus segala, tapi buat kamu yang pengen banget termotivasi untuk terus belajar menggapai cita-cita hingga pergi ke luar negeri untuk meraih pendidikan yang lebih baik, Angga Fauzan menorehkan nya dalam sebuah buku.

Angga tidak pelit lho soal pengalamannya ini supaya kita bisa belajar bahwa penting banget untuk bersyukur dan memanfaatkan apa yang telah Tuhan berikan kepada kita. Nah terus kaya gimana nih supaya tetap tangguh menulis seperti Angga Fauzan atau JK Rowling sekalipun?

Oke kali ini Mimin mau ngasih tahu nih gimana ya caranya supaya kita tetap tangguh. Meskipun banyak banget penerbit yang sudah menolak tulisan kita padahal kan kita udah capek nulis panjang-panjang. Jujur, gitu enggak sih kamu?

Menulis untuk apa?

Poin pertama, kamu menulis untuk apa sih ? Apakah untuk menjadi penulis terkenal atau untuk menginspirasi banyak orang meskipun nggak sampai jadi buku, atau memang hobi ? Nah kalau Angga Fauzan memang ia ingin sekali untuk membuat sebuah buku isinya tentang perjalanan hidup dia mulai dari dia pernah diusir lapak jualan nya pas di Jakarta sehingga mereka harus pindah ke Boyolali. Kemudian tinggal menempati kandang kambing sebagai rumahnya, juga di bully oleh teman-temannya di bangku sekolah dasar. Semua itu dia lalui dengan perih dan menangis setelah pulang sekolah.

Nulis di wattpad

Poin kedua, coba deh kamu menulis di platform Wattpad karena media itu benar-benar mengembangkan Banyak penulis lho dari mana saja enggak hanya dari Indonesia. Banyak banget penulis Indonesia yang terkenal yang berawal dari Wattpad bahkan tulisan mereka bisa menjadi film layar lebar! Wow keren banget kan. Begitupun Angga Fauzan yang telah menuliskan kisahnya tentang cerita-cerita dia dari masa kecil hingga ia bisa Meraih Mimpi bersekolah ke the University of Edinburgh Skotlandia. Jaid, meski ditolak penerbit, yaudah lah yaa… nulis tetap lanjut!

Baca buku

Point ketiga coba baca banyak buku yang menurut kamu itu berhubungan sama tulisan kamu. Soalnya buku-buku yang akan kamu baca dan telah selesai kamu baca akan menjadi referensi bagi tulisan-tulisan kamu kedepannya. Makanya buat orang-orang yang selalu menulis atau ingin menulis dengan lebih baik jangan lupa untuk membaca buku. Karena di sana ada gudang kosakata supaya tulisan kamu semakin enak untuk dipahami. Selain itu tidak semua orang langsung tiba-tiba bisa menulis dengan sangat baik. Ada proses yang harus dilalui. Haduh, ditolak penerbit emang sedih tapi ayo semangat!

Kritik dan Saran

Poin ke-4 Jangan lupa untuk minta kritik dan saran kepada teman-teman supaya mereka membaca tulisan kamu terlebih dahulu. Mereka akan melihat bagaimana tulisan kamu dari mata pembaca. Lalu jangan lupa untuk mengoreksi dan memberikan sudut pandang yang ingin kamu bagikan kepada para pembaca. Intinya jangan lupa untuk memberi pesan dalam tulisan yang kamu sajikan.

Riset Penerbit

Poin kelima cari tahu penerbit mana saja yang sekiranya cocok dengan tulisan kamu. Soalnya itu penting banget lho. Masa kamu nulis tentang fiksi Romansa tapi kamu masukin tulisannya ke Penerbit agama, kan nggak nyambung. Jadi jangan sampai menyerah dan terus riset soal penerbit yang kamu inginkan serta cocok sama genre tulisan kamu. Oh ya jangan lupa untuk terus mencitrakan diri kamu di berbagai social media bahwa kamu serius loh untuk menulis dan menjadi penulis. Karena saat ini ini banyak penerbit yang melihat orang dari sudut pandang media sosial juga. Semangat!

BACA JUGA : Angga Fauzan Tak Lelah Menulis Meski Sering Ditolak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *