Duta Bahasa Salamandika Fatanasuha

Duta Bahasa

Satu lagi, Duta Bahasa dari SMP Islam Cendikia Cianjur bernama Salamandika Fatanasuha. Laki-laki yang berusia 13 tahun ini juga dinobatkan menjadi duta bahasa saat ia membuat cerpen dalam rangka Project Based Learning di sekolah.

Salamandika diajak oleh Ibu Hajjah untuk ikut ke Jakarta Perpusnas Expo. Di sana ia mengikuti workshop kepenulisan bersama penulis andal Taufik Ismail dan kawan-kawan. Di sana ia diberi tugas membuat puisi oleh Perpusnas expo.

“Saya bikin puisi tentang asap dan akhirnya saya dapet sertifikat dari perpusnas expo, lalu saya juga sama Ibu Hajjah buat cerpen,” kata siswa kelas 8 itu.

BACA JUGA : PASTEL BOOKS ISI WORKSHOP KEPENULISAN

Jadi Duta Bahasa

Lebih sering baca dan mengenal banyak penulis adalah hal yang mesti diketahui sebagai duta bahasa. Supaya banyak tahu wawasan tentang kepenulisan, buku, dan para sastrawan sebagai insipirasi dan motivasi.

Selain itu, sebagai duta bahasa Salamandika menyemangati anak-anak untuk lebih giat lagi dalam membaca serta menulis untuk membuat karya. Dorongan ini juga ia dapatkan saat ia dimotivasi oleh seorang motivator dunia waktu di Jakarta.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi jika dia tidak punya karya akan hanyut dalam sejarah dan masyarakat,”

Siswa yang menyukai Raditya Dika ini juga berharap supaya teman-teman mampu menyukai buku, menulis karya, dan semangat membangun literasi. Karena lewat membaca, semua pandangan akan terbuka dan wawasan semakin luas. Lewat membaca, manusia akan semakin tahu dan percaya diri serta membagikan keilmuannya kepada orang lain.

Salamandika punya tips nih buat teman-teman SMP yang mau jadi Duta Bahasa. Katanya, kita mesti rajin menulis supaya tetap berlatih sedari dini. Lalu, kita harus sering mengunjungi perpustakaan baik di sekolah atau Perpustakaan Nasional.

Baca buku-buku yang sesuai dengan kesukaanmu supaya memulainya dengan asyik. Membaca buku novel genre persahabatan, sains, atau buku cerita itu bebas sesuka kamu.

Kalau kamu punya ide, jangan lupa tuliskan di notebook khusus ide-ide. Nanti, setelah kamu bisa menuliskan lebih panjang, coba tulis menjadi cerpen atau novel. Kalau kamu lebih suka puisi, bisa lho baca-baca puisi karya sastrawan atau penulis muda seperti di Kecil-Kecil Punya Karya!

“Semoga indonesia menjadi nomor satu orang orang yang gemar membaca”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *