Sandisa Frea Sang Duta Bahasa

Sandisa Frea

Masih kecil tapi sudah jadi duta bahasa? Wah, keren banget tuh! Siapa coba dia? Ya, dia adalah Sandisa Frea Naraswari! Perempuan 12 tahun ini ternyata sudah menoreh bakat menjadi duta bahasa dari SMP Islam Cendekia Cianjur lho!

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, Sandisa sudah menerbitkan dua buku yaitu berbentuk komik dan cerpen. Prestasinya ini ternyata mengantarkan Sandisa menjadi duta literasi saat karyanya diperlihatkan kepada Ibu Hajjah, pegiat literasi di SMP Islam Cendekia Cianjur.

Ternyata, tidak hanya telah menerbitkan buku saja untuk menjadi Duta Bahasa. Sandisa dinilai dari kunjungan ke perpustakaan, sering meminjam buku, sampai sudah mempunyai karya berupa buku. Atas hasilnya itu, Sandisa dilantik menjadi Duta Bahasa di Bulan September 2019 lalu di Perpustakaan Nasional Jakarta! Bangga deh 🙂

Siswa kelahiran Surabaya 5 April 2007 ini tentu senang dan bangga dengan dirinya. Tak hanya berhenti di situ, Sandisa pun harus mengajak teman-teman yang lain supaya rajib membaca dan menulis.

BACA JUGA : TIPS AGAR NASKAH DITERIMA PENERBIT

Tips dan Trik

Sandisa Frea selalu termotivasi untuk bisa membaca buku dan menulis bersama. Supaya kegiatan literasi ini dicintai oleh semua orang. Ia pun ingin mendorong yang lain supaya bisa menulis buku bersama.

Oh ya, Sandisa punya tips dan trik nih buat jadi Duta Bahasa. Katanya, rajin baca dan rajin nulis, ya teman-teman. Kalau udah ada tulisannya, beranikan diri untuk mengajukan ke guru.

Nah buat kamu yang suka menulis, jangan lupa untuk konsisten menulis ya. Mau menulis puisi, cerpen, atau novel, semua boleh kamu coba kok. Apalagi kalau ada lomba-lomba literasi, jangan lupa kasih tahu guru kalau kamu mau ikutan. Menang kalah bukan masalah! Lomba ini biar kamu semakin banyak pengalaman dan mengukur diri kamu.

Setelah ikut lomba, kamu bisa berkenal dengan teman sesama peserta. Perluas pertemanan itu penting banget supaya bisa saling belajar dan berkolaborasi ke depannya. Kalau jadi sahabat, siapa yang tahu ya? Nanti kamu bisa kolaborasi membuat buku sama teman dari lintas sekolah. Asyik deh!

Oke deh, Sandisa! Terima kasih ya masukkannya! Salam Literasi, teman-teman~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *