Tahu Enggak sih, 46 persen gamer adalah pekerja kantoran?

Newzoo sebagai lembaga riset game dan E-sports baru-baru ini merilis data bahwa kegiatan bermain gim tidak lagi identik dilakukan oleh anak-anak atau remaja.

Dari laporan itu tercatat 43,7 juta gamers merupakan asal Indonesia. Dari angka itu juga dirincikan bahwa para pekerja kantoran mendominasi.

Sebesar 46 persen para pemain game berdasarkan hasil penelitian merupakan pekerja kantoran. Kalangan pengusaha atau wirausahawan menempati posisi kedua dengan persentase sebesar 20 persen.

Di posisi ketiga ditempati oleh karyawan paruh waktu dengan 13 persen. Menariknya untuk populasi siswa atau mereka yang masih sekolah, ada di posisi keempat dengan persentase 10 persen.

Hal menarik lain dari riset Newzoo, adalah bagaimana populasi gamer di Indonesia antara laki-laki dan perempuan hampir seimbang.

Menurut riset itu, populasi gamer laki-laki di Indonesia ada 51 persen, sedangkan gamer perempuan 49 persen. Data itu membantah anggapan yang selalu memandang dunia gim identik dengan laki-laki.

Data tersebut menjadi rujukan kita terkait kondisi gamer di Indonesia. Angka itu juga bisa saja bertambah mengingat semakin variatif gim baru yang bermunculan. Tentu perkembangan gim semakin menarik bagi banyak kalangan untuk membunuh kebosanan sampai menjadi profesi dan keahlian yang dilombakan.

BACA JUGA : JANGAN HANYA MAIN, GIM BISA KAMU JADIKAN PROFESI LHO!