Blog

quaden

Sudah baca berita tentang anak kecil yang ingin bunuh diri karena di-bully oleh teman-temannya kan? Kalau ada yang belum tahu, kejadian ini dialami oleh anak usia 9 tahun yang memiliki kelainan dwarfism (cebol) bernama Quaden Bayles. Peristiwa ini terjadi di Australia. Karena setiap hari Quaden mendapat bully-an dari teman-temannya di sekolah, dia menangis dan mengutarakan keinginannya untuk bunuh diri. Ibu dari Quaden sangat sedih melihat anaknya menangis, lantas merekam tangisan anaknya itu untuk menunjukkan kepada guru serta orang lain betapa bully-an itu sangat melukai anaknya. Ternyata dari hasil rekaman video tersebut, muncul banyak respon dari netizen dan mengutuk pem-bully-an tersebut.

Ini salah satu contoh kejadian tentang pem-bully-an yang berakibat sangat fatal, karena telah memicu seorang korban untuk berusaha bunuh diri. Bagaimanapun bentuk pem-bully-an seharusnya tidak dilakukan. Ada salah satu cerita menarik yang diangkat dari Wattpad berjudul Utara, karya Bayu Permana yang mengisahkan tentang seorang siswa anak SMA yang mendapat bully-an dari teman tim basketnya, siswa ini bernama Uttam. Uttam memang bukan anak yang jago memainkan bola basket, namun dia salah satu siswa berprestasi di bidang Matematika sehingga dia sering ikut dalam Olimpiade Matematika. Ternyata kelihaiannya menaklukkan soal matematika tidak menutup kemungkinan dia bebas dari pem-bully-an.

Dalam cerita ini, Uttam berusaha menjadi diri sendiri dengan mengikuti apa kata hatinya ketimbang merespon stigma dari orang lain. Beberapa kali dia dibenturkan dengan asumsi orang mengenai apa yang sebaiknya dilakukan. Uttam berusaha untuk tidak ambil pusing dengan semua itu. Bersama Amanda, adik kelas Uttam yang juga mengalami perundungan, mereka bertukar pikiran dan saling menguatkan.

Cerita ini sangat related dengan fenomena bullying yang terjadi akhir-akhir ini. Rencananya Novel Utara akan diterbitkan oleh Pastelbooks dan akan Open PO awal April 2020. Beberapa benefit yang bisa didapatkan dari buku ini adalah.

  1. Banyak quote-quote yang menguatkan kita untuk tetap percaya diri terhadap pilihan-pilihan yang kita ambil.
  2. Bayu Permana adalah penulis muda yang telah menghasilkan banyak karya Best Seller seperti Artha, Sheiland, dan My Psychopath Boyfriend. Tulisannya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.
  3. Khusus untuk yang ikut PO akan mendapatkan sticker karakter Compass boys dengan motivasi penyemangat yang sesuai dengan karakter dan TTD penulis.
  4. Cerita ini mendapat nominasi The Winner of The Wattys Award 2019
  5. The last but not least, Utara adalah buku pertama dari seri Compass Boys yang karakternya keren abis dan hidup banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *