Blog

no-hate-2019922_640

Ujaran kebencian sering disebut di media sebagai salah satu kasus yang telah melangga norma, etika, dan hukum. Ujaran kebencian ini sering disebut hate speech di masyarakat. Biasanya ujaran kebencian ini bisa jadi bikin kericuhan di masyarakat bahkan bisa melenggang ke meja hijau! Waduh.

Tahu enggak sih kalau hate speech enggak selalu dilakukan oleh orang dewasa? Seperti kalian tahu hate speech juga pernah dilakukan oleh para jajaran pemerintah sengaja maupun enggak sengaja. Tak hanya itu, masyarakat juga banyak yang dipolisikan lantaran “ujaran kebencian ini”.

Kalau lihat wikipedia sih, hate speech adalah perkataan, perilaku, tulisan, ataupun pertunjukan yang dilarang karena dapat memicu terjadinya tindakan kekerasan dan sikap prasangka entah dari pihak pelaku, pernyataan tersebut, atau korban dari tindakan tersebut. Situs yang menggunakan atau menerapkan hate speech ini disebut hate site. Kebanyakan dari situs ini menggunakan forum internet dan berita untuk mempertegas sudut pandang tertentu.

Hate speech juga adalah tindakan komunikasi yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok dalam bentuk provokasi, hasutan, ataupun hinaan kepada individu atau kelompok yang lain dalam hal berbagai aspek seperti ras, warna kulit, etnisgender, cacat, orientasi seksual, kewarganegaraan, agama, dan lain-lain.

Terus, gimana sih supaya kita enggak ikut-ikutan berujar kebencian?

Filter Media Sosial

Jaman sekarang, hate speech banyak muncul di media sosial. Baik sengaja atau engga, media sosial seperti dunia kedua bagi kita semua. Seluruh kehidupan, baik buruknya bisa dilihat dari media sosial. Motivasi pengguna mengoperasikan media sosialnya maisng-masing bukan tanpa alasan. Ada yang sekadar hiburan, menghibur, menunjukkan minat, hingga pekerjaan. Tak jarang, pengguna yang berisikan konten negatif juga ada lho. Makanya, filter media sosial supaya kamu enggak kebawa-bawa sama vibes negatif.

Aktivitas Seru

Banyakin aktivitas mulai dari hal-hal yang kamu senangi sampai hal yang kamu ketahui. Kalau ada workshop sampai talkshow yang digelar, apalagi kalau gratis, mending ikutan. Bisa workshop masak, melahirkan, pengetahuan baru soal kepenulisan, dan lain-lain.

Belajar Memahami

Enggak semua orang sama kayak kamu. Intinya, setiap orang diciptakan berbeda. Ukuran yang kamu pakai tidak sepenuhnya harus sama dengan orang lain. Makanya, memahami dan banyak main adalah kunci untuk menghindari ujaran kebencian. Tidak ada etnis, ras, suku, budaya yang paling baik. Keberagaman itu perlu !

Nah, menurut kamu, ujaran kebencian itu dimaklumi enggak sih? So pasti, hal-hal negatif ini perlu disingkirkan dari kehidupan kita ya!

BACA JUGA : Stop Bullying di Sekolah dengan Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *