Blog

70199661_136810960921519_6209182184985386150_n

Seorang penulis punya ciri khas dan sikapnya masing-masing dalam menulis. Pun Sirhayani yang lama berkecimpung di dunia literasi ini. Baginya, menulis adalah aktivitas hidup dalam menghidupi cita-citanya. Ya, ia ingin memiliki karya yang besar lewat karya. Terus gimana sih langkah menulis ala Sirhayani?

Boleh dong kasih tahu tips menulis ala Sirhayani?

Tips menulis ala aku: bayangin dulu semua alur cerita yang bakalan dibuat. Tahap ini, alur yang dibayangin itu seperti trailer dalam film. Masih acak.

Terus gimana lagi?

Setelah itu catat garis besarnya dalam buku atau ketik di laptop, apa saja yang sudah dipikirkan sebelumnya. Nanti dikembangkan lagi, seperti mulai tentukan cerita itu tentang apa, premis, judul, tokoh-tokoh cerita dan jangan lupakan karakter dan visualnya kayak gimana.

Udah nih dibayangkan. Terus tahapan selanjutnya?

Selanjutnya, bikin tahap-tahap alurnya juga yang mulai ditentukan. Nah, di sini bisa kamu cari ide sesekali sambil menyelesaikan tahap alur yakni dari pengenalan sampai akhir cerita. Gitu sih langkah menulis aku.

Oke, kalau outline perlu enggak sih?

Kalau aku sih buat setelah itu, ya buat kerangka atau outline. Selesai deh!

Gimana kak kalau males nulis gitu kadang bingung kan..
Langkah menulis selanjutnya ya tugas kamu ya tinggal bangun mood untuk mulai menulis prolog atau bab pertama. Jangan malas dan tetap konsisten. Intinya itu.

siap deh kak Sirhayani! Aku bakal ikuti perintah kakak 🙂

Nah gitu dong. Udah siap kan lihat karya kamu di Wattpad ada di rangking pertama bahkan dipanggil penerbit buat diterbitin? Yeay! Asyik kaaaaan kata aku juga~

Langkah menulis ini bisa kamu ikuti kalau kamu bingung mau mulai dari mana. Yang penting kamu jangan hilang arah ya kalau bingung langkah-langkah menulis kayak apa. Soalnya, mimin bakal terus update langkah menulis dari teman-teman penulis Pastel Books lho!

BACA JUGA: Intip Profil Sirhayani Penulis Game Over

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *