Blog

88197154_195272968368445_8928021574953751874_n

Sudah pada kenal sama Bayu Permana? Penulis Utara yang bukunya segera hadir di hadapan kalian. Lelaki satu ini akan mengeluarkan karya terbarunya yang berjudul Utara di Pastel Books lho. Usut punya usut, buku ini bukan buku pertamanya. Ia sudah mengeluarkan beberapa buku sebelumnya 🙂

Bayu Permana ini adalah lelaki 19 tahun. Di usianya yang masih belia, ia telah menorehkan karya begitu banyak di dunia literasi. Sebut saja sederet buku yang tembus ke pasar major. Penerbit buku besar yang membuat karya emasnya naik di permukaan.

Saat ini, Bayu tengah menempuh studi di Universitas Padjadjaran. Ada yang tahu apa jurusannya? SASTRA RUSIA. Yup, Bayu kuliah Sastra Rusia di UNPAD lho. Acungkan tangan yang anak UNPAD? :))

Dalam karirnya sebagai penulis, Bayu terus meningkatkan kemampuannya dalam menulis cerita. Medium Wattpad menjadi batu loncatan bagi dirinya. Tak heran, pembacanya di Wattpad pun sudah menembus jutaan.

Seperti cerita Utara. Kata Bayu, cerita tersebut sudah dibaca lebih dari 960,000 kali di Wattpad! Enggal tahu deh kalau sekarang, pasti lebih banyak lagi. Mengingat Utara akan segera dibikin buku, semua pasti udah gak sabar kan?!

Perjalanannya menjadi penulis itu enggak instan lho. Kata Bayu, jika kita ingin menjadi penulis harus banyak-banyak membaca dan menulis tentunya.

“Enggak ada jalan pintas dalam menghasilkan tulisan yang bagus selain banyak-banyak belajar dan latihan,” ujar Bayu.

Selain banyak-banyak membaca dan menulis, Bayu juga menjelaskan bahwa kita harus mengenali gaya tulisan masing-masing. Supaya karya kita semakin dikenal oleh pembaca dan digemari.

Tak lupa dengan tempat dan suasana. Menurutnya, tempat dan suasana yang nyaman itu berpengaruh terhadap karya. Bayangkan kalau kamu menulis di tempat yang bau, kumuh, dan tidak mendukung. Pastinya pengin kabur kan?

Kalau tempatnya sesuai dan suasananya mendukung, apalagi dengan latar belakang karya kita, tentunya akan menghasilkan karya terbaik!

Oh ya, Bayu juga sudah memenangkan kompetisi Wattys lho. Engga cuma sekali, tapi dua kali! Wattys sendiri adalah kompetisi menulis tahunan yang diselenggarakan oleh Wattpad. Untuk tahun lalu (2019), pemenang ditentukan oleh konten cerita dan kesesuaian pengiriman form yang diminta oleh pihak Wattpad.

Utara menjadi salah satu pemenang di kategori Young Adult. Selain Utara, ceritaku yang lain juga pernah memenangkan Wattys 2017. Yakni Hi-Fi (telah terbit) di kategori The Originals atau cerita dengan ide fresh dan baru di platform menulis tersebut.

Wah, keren ya! Apa kamu terinspirasi sama Bayu Permana? Cus pesen novel “Utara” buat melihat sisi lain dari karya Bayu.

BACA JUGA : Kenalan Sama Compass Boy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *