Blog

girl-1822702_960_720

Sakit hati pasti dialami setiap orang. Termasuk kamu, apakah pernah mengalaminya?

Ya, kebanyakan sakit hati dikaitkan dengan percintaan. Bagi kamu yang pernah merasakannya, apakah tubuh lainnya juga merasakan sakit?

Nah, ternyata sakit hati dan tubuh lainnya terjadi karena satu alasan. Menurut antropolog dari Rutgers University, Helen Fisher PhD, sakit tersebut dirasakan karena efek dari menurunnya hormon kesenangan (dopamin) pada otak, yang kemudian meningkatkan kesedihan mendalam.

Kamu harus tahu juga, ketika jatuh cinta, hormon dopamin semakin meningkat karena jatuh cinta memang menyenangkan, bukan? Makanya ketika cinta itu hilang, kamu akan terpuruk.

Hanya saja, selain dopamin, ada satu aktivitas di otak yang akan membuat seluruh tubuh kamu merasakan sakit ketika patah hati.

Aktivitas itu adalah anterior cingulate cortex (ACC) yang bekerja secara secara emosional dan kognitif.

Ketika kamu patah hati, fungsi emosional lah yang bekerja. Caranya, otak akan mengirim rasa sedih ke seluruh tubuh melalui saraf penerima rangsangan yang disebut opioid. Opioid akan mengubah perasaan sedih menjadi rasa tidak nyaman dan nyeri pada tubuh secara fisik.

Makanya, seseorang yang patah hati akan terlihat sangat buruk, tidak fokus, sering kelelahan, sakit-sakitan, dan lainnya.

Comments(64)

    • Josephine Amelia

    • 2 years ago

    Betul ): sekarang aku mau berusaha supaya gak sering² patah hati

    • Josephine Amelia

    • 2 years ago

    Betul ): sekarang aku mau berusaha supaya gak sering² patah hati

    • Aurell

    • 2 years ago

    Wahhh baru tau kerja kaya gitu bikin sakit hati, aku kira karena cinta aja.

    • Aurell

    • 2 years ago

    Wahhh baru tau kerja kaya gitu bikin sakit hati, aku kira karena cinta aja.

    • Jiny Erlyna Perdana Putri

    • 2 years ago

    Sakit hati hanya menyakiti diri sendiri

    • Jiny Erlyna Perdana Putri

    • 2 years ago

    Sakit hati hanya menyakiti diri sendiri

    • Jiny Erlyna Perdana Putri

    • 2 years ago

    P

    • Jiny Erlyna Perdana Putri

    • 2 years ago

    P

  1. Sakit hati karena kita punya hati. Sakit hati karena terlalu mengagungkan apa yg kita harapkan. Sakit hati karna terlalu memakai hati. ?

  2. Sakit hati karena kita punya hati. Sakit hati karena terlalu mengagungkan apa yg kita harapkan. Sakit hati karna terlalu memakai hati. ?

    • LAyyinah nahdliyah

    • 2 years ago

    Menambah wawasan bangettt hehehehe mantapp

    • LAyyinah nahdliyah

    • 2 years ago

    Menambah wawasan bangettt hehehehe mantapp

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Bener-bener pas banget, pas sakit-sakitnyaaaaa

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Bener-bener pas banget, pas sakit-sakitnyaaaaa

    • Aka

    • 2 years ago

    Huhuhu… Jangan sampek dehh

    • Aka

    • 2 years ago

    Huhuhu… Jangan sampek dehh

  3. Alhamdulillah sampe sekarang belum pernah ngerasain patah hati langsung, paling patah hati karena duit udah siap buat beli novel eehh tibatiba àda keperluan yang bener-bener ga bisa dilewatin:(

  4. Alhamdulillah sampe sekarang belum pernah ngerasain patah hati langsung, paling patah hati karena duit udah siap buat beli novel eehh tibatiba àda keperluan yang bener-bener ga bisa dilewatin:(

    • Dms061298

    • 2 years ago

    Oh jadi begitu. Bisa di jelasi pake ilmiah ya. Wkwk

    • Dms061298

    • 2 years ago

    Oh jadi begitu. Bisa di jelasi pake ilmiah ya. Wkwk

  5. kalo menurut aku sih bkurang mendekatkan diri kepada sang pencipta. dan terlalu banyak berharap sama manusia hehe

  6. kalo menurut aku sih bkurang mendekatkan diri kepada sang pencipta. dan terlalu banyak berharap sama manusia hehe

    • Raisha

    • 2 years ago

    Aku pernah jatuh cinta dan itu pun sakit banget kalau udah tau doi udah ada yang punya

    • Raisha

    • 2 years ago

    Aku pernah jatuh cinta dan itu pun sakit banget kalau udah tau doi udah ada yang punya

  7. Oohh jadi karna itu??
    Thankz infonya ??

  8. Oohh jadi karna itu??
    Thankz infonya ??

    • Meidiana

    • 2 years ago

    Semoga dapet lightstick nya exo

    • Meidiana

    • 2 years ago

    Semoga dapet lightstick nya exo

    • Bobby

    • 2 years ago

    Bener banget! Sampe ganggu sekolah juga gara gara ditinggal sahabat walau kesannya lebay, tapi emang nggak punya temen selain dia:v curhat kan??

    • Bobby

    • 2 years ago

    Bener banget! Sampe ganggu sekolah juga gara gara ditinggal sahabat walau kesannya lebay, tapi emang nggak punya temen selain dia:v curhat kan??

  9. Benerr bangeett ????

  10. Benerr bangeett ????

    • Jauharah

    • 2 years ago

    Wah.. Gitu ya

    • Jauharah

    • 2 years ago

    Wah.. Gitu ya

    • Saa

    • 2 years ago

    Cara paling tepat menghindari patah hati adalah jangan jatuh cinta wkwk. Itu yg gue lakuin hehe

    • Saa

    • 2 years ago

    Cara paling tepat menghindari patah hati adalah jangan jatuh cinta wkwk. Itu yg gue lakuin hehe

    • Alya Chaerunissa

    • 2 years ago

    Jangan cinta kalau takut Jatuh yaa wkwk:”)

    • Alya Chaerunissa

    • 2 years ago

    Jangan cinta kalau takut Jatuh yaa wkwk:”)

    • Febriansyah

    • 2 years ago

    Kalau aku seringnya sakit hati bukan karena percintaan sih, atpi kadang karena nilaiku jelek atau ada barang yang aku mau nggak kesampaian.

    • Febriansyah

    • 2 years ago

    Kalau aku seringnya sakit hati bukan karena percintaan sih, atpi kadang karena nilaiku jelek atau ada barang yang aku mau nggak kesampaian.

  11. Kenapa kita sakit hati? Jawabnnya Karna gk sehat wkwkw

  12. Kenapa kita sakit hati? Jawabnnya Karna gk sehat wkwkw

    • Chatarina Dinda

    • 2 years ago

    aku sering patah hati :(( suka sepihak lah, suka tp dia suka yg lain lah 🙂

    • Chatarina Dinda

    • 2 years ago

    aku sering patah hati :(( suka sepihak lah, suka tp dia suka yg lain lah 🙂

    • Vindi alvionita

    • 2 years ago

    Kadang sakit hati sampe ke tulang” ngilunya?

    • Vindi alvionita

    • 2 years ago

    Kadang sakit hati sampe ke tulang” ngilunya?

    • Shabrina

    • 2 years ago

    NAH BENER

    • Shabrina

    • 2 years ago

    NAH BENER

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Sakit hati itu menyebar

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Sakit hati itu menyebar

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Katanya yang sakit hatinya, tapi yang galau pikirannya

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Katanya yang sakit hatinya, tapi yang galau pikirannya

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Yang sakit hatinya, yang hujan matanya

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Yang sakit hatinya, yang hujan matanya

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Jangan jatuh cinta deh

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Jangan jatuh cinta deh

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Jatuh itu sakit

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Jatuh itu sakit

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Bangun itu semangat

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Bangun itu semangat

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Pokoknya untuk yang sedang tersakiti,

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Pokoknya untuk yang sedang tersakiti,

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Cepat sembuh ya,

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Cepat sembuh ya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *