Blog

81173506_1325048977681688_4627037043146338546_n

Sederet penulis Pastel Books memiliki kiat menulis masing-masing. Begitu pun Bayu Permana, lelaki 19 tahun yang tak lelah berkarya. 8 Buku rilis di tangannya. Belum lagi cerita-cerita lain yang tengah ditulis di Wattpadnya.

Semua orang mampu menulis, baik dengan hobinya atau memang pekerjaannya. Lewat menulis, semua orang bisa menyampaikan keinginannya atau imajinasinya. Belum lagi para penulis yang ingin mengabadikannya menjadi buku.

Berikut kiat menulis a la Bayu Permana yang bisa kamu ikuti.

Banyak Baca dan Tulis

Kalau enggak banyak membaca dan menulis tentu tidak bisa menulis dengan baik. Semakin banyak membaca kamu semakin banyak wawasan, pengetahuan, ide cerita, inspirasi, dan kosa kata. Banyak menulis juga semakin mengasah kita untuk menulis dengan rapi dan tersusun.

Banyak Belajar dan Latihan

Ingin menjadi penulis tetapi tidak banyak belajar? Maka tidak bisa~ Kamu harus belajar dari para penulis, berlatih, ikut kelas-kelas atau talkshow bersama penulis. Bedah buku juga bisa kamu ikuti. Nggak ada jalan pintas dalam menghasilkan tulisan yang bagus selain banyak-banyak belajar dan latihan.

Kenali Gaya Tulisan

Semakin sering menulis, kamu akan semakin mengenal gaya tulisanmu. Kamu bisa menulis yang khas dengan gayamu. Setelah kamu menemukannya, kamu bisa terus mengasahnya dengan baik sampai pembaca bisa tahu bahwa itu adalah tulisan kamu.

Cari Tempat Ternyaman

Mencari tempat ternyaman tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada kalanya kamu harus gagal dulu, atau kamu harus menjelajah ke sana kemari. Tempat dan suasana yang nyaman akan membuatmu lebih mudah menulis. Sehingga kamu bisa menghasilkan karya yang terbaik.

BACA JUGA : Social Distancing, Ini Rekomendasi Buku yang Pas Buat Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *