Maluku Diterjang Gempa dan Hal yang Harus Dilakukan Remaja

gempa
Image by Angelo Giordano from Pixabay

Pada 14 Juli 2019 lalu, di Ternate, Maluku Utara terjadi gempa yang berkekuatan 7,3 SR. Rumah penduduk, fasilitas umu, hingga tempat ibadah rusak bahkan runtuh dan rata dengan tanah. Di Kecamatan Gane Timur Selatan tinggal sisa puskesmas yang berdiri. Mereka mengungsi di tenda terbuka.

Bencana alam gempa bumi memang sudah tidak asing terjadi di negara Indonesia. Gempa kerap menghantui seluruh wilayah, tanpa terkecuali. Belum lagi setelah gempa dahsyat Tsunami Aceh yang menjadi pemantik untuk tetap waspada ketika gempa yang disusul air bah besar.

Tak hanya Tsunami Aceh, Pangandaran hingga Anyer pun pernah mengalaminya. Hal ini menjadi trauma bagi masyarakat khususnya penduduk Indonesia. Apalagi negara ini merupakan negara kepulauan yang lautnya begitu luas.

Setelah mendengar kejadian gempa Maluku, kita sebagai manusia yang hidup di bawah negara yang sama tentu simpati. Namun, ketika isu ini sudah turun, kadang kala manusia lupa bahwa mereka masih butuh bantuan. Pasalnya tempat yang mereka huni telah hancur dan butuh waktu lama untuk kembali hidup seperti semula.

Sebagai remaja, tentu kita dihadapi banyak berita musibah yang seharusnya adalah tanggung jawab bersama. Karena hal ini tidak hanya penting untuk golongan atau usia tertentu, tapi semua perlu mengulurkan tangannya, pun remaja.

Jadi, kalau kamu sudah tahu bahwa ada manusia lain yang tertimpa musibah nun jauh di sana, apa yang semestinya kamu lakukan?

Beri Bantuan

Kalau kamu bisa jajan, seharusnya kamu juga bisa menabung sebagian uang jajan kamu. Nantinya, uang tersebut bisa kamu pakai untuk keperluan lain, salah satunya memberi bantuan berupa dana kepada korban bencana. Sebagai remaja, kita perlu memulai hal-hal baik seperti berdonasi supaay terbiasa hingga dewasa. Kepekaan kita pun terasah sebagai manusia.

Tetap Waspada Berita Hoax

Seringkali dengan adanya kejadian besar akan menimbulkan berita atau pesan berantai di aplikasi pesan. Sebagai remaja yang berpendidikan, kamu harus menjadi agen perubahan untuk tidak asal membagikan pesan berantai atau informasi di grup-grup chat. Karena hal itu belum tentu valid serta mengurangi kekhawatiran.

Stop Sebar Foto yang Belum Jelas

Biasanya, kalau sudah ada kejadian bencana, grup chat akan ramai dengan foto-fotonya. Kamu jangan dulu sebar ke yang lain karena bisa saja itu foto bencana di tempat lain. Setidaknya, kamu menjadi orang yang bertanggung jawab atas informasi yang berlalu lalang. Dengan tidak mudah menyebar pesan yang belum jelas, kamu telah memutus rantai hoax.

Mulai Menabung

Menabung bukan hanya aktivitas penghematan atau sebuah cara untuk membeli sesuatu. Menabung juga penting lho sebagai dana darurat. Dana itu bisa kamu gunakan untuk memberikan kepada korban bencana.

Cari Platform Crowdfunding Terpercaya

Setelah kamu siapkan uangnya, cari platform penghimpunan dana yang terpercaya. Jangan sampai kamu salah menyalurkannya. Cari lembaga yang sudah kredibel dan diawasi oleh lembaga keuangan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *