Mendikbud Kita Nadiem Makarim, Kenalan Yuk!

mendikbud

Sobat Pastel udah pada kenal belum sama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru? Sebagai pelajar, tentu kamu harus kenal dong sama bapak menteri satu ini. Pastinya, kalau kamu baca fakta-fakta tentang sosok Mendikbud kali ini bakal enggak asing deh! Yaps, benar, Nadiem Makarim.

Kok enggak asing sih?

Ih iya lho, Sobat Pastel! Soalnya kamu pasti pernah mencoba karya dari Mendikbud kita satu ini. Hayo, apa sih karya beliau yang paling hits dan hype sampai mancanegara? Bisa tebak?

GO-JEK!

Aplikasi GO-JEK yang sekarang ada di gawai kalian adalah karya dari Mendikbud kita sekarang pilihan Pak Jokowi. Namanya Nadiem Makarim. Kalau kalian belum tahu sama Pak Nadiem, coba deh kenalan dulu. Eh gimana, ya? Sebelum ketemu langsung, cek dulu faktanya di bawah ini yuk!

Siapa Nadiem Makarim?

Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. adalah seorang pengusaha yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo-K.H Mar’uf Amin. Pak Nadiem dilantik pada 23 Oktober 2019 kemarin.

Pendiri perusahaan GO-JEK ini lahir di Singapura pada tanggal 4 Juli 1984. Namanya dikenal baik sebagai CEO GO-JEK. Bagaimana tidak? Aplikasi karya anak bangsa itu telah menjadi start up ride-hailing raksasa yang menyabet unicorn bahkan decacorn!

Decacorn apa sih?

Mengutip kompas.com, Decacorn adalah istilah yang diberikan kepada perusahaan rintisan digital dengan valuasi lebih dari 10 miliar dollar AS atau setara Rp 141 triliun. Menurut laporan lembaga riset CB Insights dalam The Global Unicorn Club, valuasi Go-Jek kini sudah menembus angka 10 miliar dollar AS itu, dan menduduki peringkat ke-19 secara global.

Latar Belakang Pendidikan

Pak Nadiem pernah belajar Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat, dan lulus pada tahun 2006. Kemudian, pada tahun 2009, Pria 35 tahun ini kemudian melanjutkan pendidikan Master di Harvard Business School, Harvard University, Boston, Amerika Serikat. Wah, kamu tertarik juga ikut jejak Pak Mendikbud kah, Sobat Pastel?

Pengalaman Kerja

Dulu, sebelum S2 di Harvard Business School, Nadiem bekerja sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company di Jakarta. Setelah bergelar Master, Nadiem menjadi co-founder dari Zalora. Keluar dari Zalora, situs marketplace di bidang fashion itu, Nadiem bekerja di Kartuku sebagai Chief Innovation Officer.

Terus kapan Pak Mendikbud merintis GO-JEK?

Namanya juga ada masalah, ya buatlah solusinya. Pak Nadiem ini selama menjadi karyawan suka berlangganan transportasi umum, salah satunya ojek, lho. Ide cemerlang Nadiem untuk mengumpulkan 20 pengemudi ojek langganannya akhirnya membuahkan hasil. Pada tahun 2011, ia meluncurkan GO-JEK. Sekarang, GO-JEK jadi satu-satunya start-up Decacorn dari Indonesia yang meraih valuasi lebih dari 10 milyar dollar!

BACA JUGA : MAU LIBURAN AKHIR TAHUN? DATANG KE KOTA INI AJA!

Pemberi Manfaat

Gara-gara GO-JEK, Nadiem telah membuka ratusan ribu peluang kerja baru mulai dari pengemudi ojek motor, mobil, kerjasama dengan perusahaan taksi, jasa pengiriman, UMKM, sampai jasa-jasa lainnya seperti pijat dan bebersih rumah! Melalui teknologi, Nadiem mampu membuat rakyat Indonesia lebih mudah untuk meningkatkan ekonominya.

Setelah Nadiem diangkat menjadi menteri oleh Pak Jokowi, ia pun resmi keluar dari perusahaan rintisannya. Semoga, Pak Nadiem mampu membawa pendidikan Indonesia lebih baik ya!

Yuk bantu do’a untuk Pak Nadiem Makarim, Mendikbud kita kali ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *