Kiat Jadi Penulis Pemula ala Kata Kokoh

Sebelum bukunya setenar sekarang, Kata Kokoh juga melalu hal-hal yang tidak mudah saat menjajal dunia kepenulisan. Karena setiap profesi dan pekerjaan pasti punya jatuh bangunnya masing-masing. Begitu pun seorang penulis novel yang punya pasarnya sendiri.

Kita mungkin punya keinginan supaya cerita kita laku di pasaran, atau bisa ditawarkan oleh penerbit. Namun, bagi mereka yang baru saja memulai, ada kiat-kiat dan hal-hal yang mesti diperhatikan oleh penulis.

Pelajari Dasar Kepenulisan

Menurut penulis novel trilogi Senior, seorang penulis mesti punya wawasan tentang kepenulisan. Minimal dasar kepenulisan seperti membuat premis, karakter, plot, dan sinopsis.

Banyak Baca Buku

Jika ingin menjadi penulis, maka perlu membaca buku. Supaya kosa kata melimpah dan khazanah dunia fiksi dan non fiksi semakin luas. Biasanya, penulis malas membaca padahal membaca justru penting untuk penulis.

Lakukan Riset

Kebanyakan penulis baru hanya menulis apa yang mereka rasakan, tapi tidak melakukan riset. Sehingga tulisannya acap kali terkesan tidak masuk akal. Kemudian, ia akan malas melanjutkan cerita. Biasanya, penulis pemula selalu tergoda untuk membuat cerita baru.

Tulis di Wattpad

Supaya bisa dibaca dan dikenal oleh pembaca lebih luas, Wattpad bisa menjadi wadah untuk menulis. Seperti Kata Kokoh yang memulai menulis di Wattpad atas saran temannya. Tak disangka, cerita karya Kokoh masuk peringkat 10 besar di Wattpad.