Berniat Ngekos? Ini Hal yang Kamu Harus Ketahui

indekos

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran saat kamu diterima sebagai mahasiswa baru adalah tempat tinggal. Terlebih jika kamu adalah mahasiswa yang jauh dari rumah tinggal, maka indekos adalah hal yang mesti dicari sejak awal.

Sebelum memutuskan ngekos, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan. Mulai dari dana, jarak, lingkungan , dan lain-lain. Apalagi kalau kamu memang baru saja menginjak kota itu pertama kalinya. Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum ngekos.

Riset Indekos

Jangan sampai kamu menyesal setelah membayar DP untuk indekos kamu setahun ke depan. Akibat ingin cepat-cepat mendapat tempat tinggal, kamu mengiyakan saja karena sudah capai untuk mencari ke tempat lain. Riset indekos itu penting lho, makanya dari jauh-jauh hari kamu harus meluangkan waktu ya. Biar kamu enggak menyesal untuk menempatinya.

Cari Jarak Terbaik dari Kampus

Jarak terdekat belum tentu terbaik. Maka dari itu, cari jarak terbaik dari kampus yang kamu merasa nyaman untuk berjalan kaki dari indekos ke kampus. Kalau yang terdekat ternyata dekat dengan tempat pembuangan sampah, enggak nyaman juga kan?

Dekat dengan Warung Nasi

Hal ini penting banget lho Sobat Pastel! Soalnya, warung nasi akan menjadi sahabat sehari-hari kita. Kalau ke warung nasi aja jauh dari indekos, kamu akan malas untuk makan. Kalau malas, ya kamu bisa sakit dong. Meskipun ada pemesan makanan daring, kamu harus berhemat ya.

Dekat dengan Tempat Ibadah

Bagi mahasiswa yang muslim, tentu dekat dengan masjid adalah poin plus. Pasalnya, indekos kamu enggak akan kesepian karena azan akan selalu berkumandangan lima kali dalam sehari. Kamu juga akan merasa hangat dengan suasana di lingkungan indekos kamu karena banyak orang berlalu lalang untuk pergi ke masjid. Kamu juga mudah untuk salat di masjid. Buat mahasiswa yang non muslim, hadirnya masjid juga bisa menjadi patokan keramaian supaya kamu tidak merasa kesepian.

Harga Sesuai dengan Fasilitas

Ada harga, ada fasilitas. Kalau kamu memiliki budget sekian, maka cari kamar yang paling nyaman dan cocok dari beberapa alasan di atas. Kalau kamu bisa membayar lebih, enggak ada salahnya kamu mencari indekos yang nyaman seperti kamar mandi di dalam atau kamar yang luas. Ada pula kamar yang sudah termasuk wifi, listrik, dan air. Hal itu bisa memudahkan kamu dalam pembayaran. Kalau enggak ada budget, maka berusahalah untuk mencari dana tambahan dari jualan, bekerja lepas, atau menawarkan jasa dari bakatmu seperti fotografi atau menulis.