Blog

222

Novel Athlas yang telah dibaca oleh 20 juta lebih di wattpad ini merupakan trilogi dari novel berjudul Senior yang mengurai kisah manis tentang cinta dan persahabatan sejati. Cinta yang dimaksud di sini tentu memiliki makna yang sangat luas. Tak melulu cinta dengan lawan jenis saja. Tapi juga rasa cinta yang terjalin antara keluarga; ayah, ibu, anak, nenek, sepupu, dan lain sebagainya.

Dikisahkan, sebuah keluarga yang sedari awal selalu berusaha menjaga keharmonisan dan memecahkan setiap persoalan yang muncul dengan bijaksana dan penuh kesabaran. Nakula adalah sosok laki-laki tampan berkarakter keras, kaku, pendiam, tapi sebenarnya sangat penyayang terhadap istri dan anak-anaknya. Sementara Aluna, istrinya yang berwajah cantik, memiliki karakter yang ramah, lembut, supel, dan mampu memberikan warna tersendiri bagi kehidupan Nakula. Keduanya merupakan pasangan serasi dan ideal, meski beda karkter, tapi bisa saling melengkapi satu sama lain.

Nakula dan Aluna memiliki tiga anak kembar bernama Athlas, Athilla, dan Athalan. Ketika mereka bertiga tumbuh menjadi anak-anak remaja, watak masing-masing pun terlihat sangat kontras. Athilla seolah menuruni watak sang ibu yang ekspresif. Athalan pendiam dan kaku seperti sang ayah. Sementara Athlas merasa dirinya sangat berbeda dari kedua saudara kembarnya.

Athlas tumbuh menjadi remaja yang bandel dan jahil, tapi sebenarnya dia memiliki sifat penyayang dan setia kawan yang tinggi. Sayangnya, ia merasa dirinya tak sepintar kedua saudaranya. Dalam beberapa mata pelajaran, Athlas memang merasa sangat sulit memahaminya. Sementara dalam pelajaran bahasa asing, dia begitu mudah menguasainya.

Athlas merasa dirinya diperlakukan secara berbeda oleh ayah daripada Athilla dan Athalan. Kepada kedua saudara kembarnya, ayah bisa bersikap lembut dan tak terlalu melarang ini itu. Sementara khusus kepada Athlas, ayah begitu keras dan banyak peraturan. Kelak di kemudian hari, Athlas baru menyadari bahwa apa yang dilakukan oleh ayah merupakan bentuk rasa kasih dan sayangnya yang begitu besar kepadanya. Jadi, ayah sama sekali tak ada niat membedakan perlakukan terhadap ketiga anaknya.

Di sekolah, Athlas memiliki beberapa sahabat yang baik. Di antara sahabat Athlas adalah Vella dan Toufan. Vella merupakan sahabat sejak Athlas masih kecil. Mereka bertetangga dekat. Bedanya, kalau Athlas memiliki orangtua yang lengkap, sementara Vella tak mengenal ayah kandungnya sejak kecil. Entah, apa alasan ayah begitu tega meninggalkan ibu dan Vella.

Kebersamaan Vella dan Athlas hingga remaja lantas menimbulkan benih-benih rasa cinta di hati Vella. Namun Vella sadar bahwa rasa cintanya pada Athlas bertepuk sebelah tangan. Sebab Vella tahu gadis yang dicintai Athlas adalah Laudia.

Tentu sangat sakit rasanya ketika kita melihat orang yang kita cintai begitu mencintai orang lain. Ketika kita memendam rasa, tetapi orang itu tidak kunjung menyadarinya. Saat kita bisa di dekatnya, tetapi tidak banyak yang bisa kita lakukan. Dan bodohnya, kita masih saja mengharapkannya, meskipun kita sadar hal itu tidak mungkin terjadi (hal 78).

Sialnya, Vella tak mampu menghindari Athlas karena mereka tetangga dekat dan satu kelas. Terlebih selama ini Athlas anaknya sangat jahil dan suka bercanda dengannya. Alih-alih menghindari agar rasa yang bersemayam di hati tak tumbuh subur, orangtua Athlas malah meminta tolong kepada Vella yang dikenal pintar, agar datang ke rumah untuk membantu Athlas memahami mata pelajaran yang tak dikuasainya.

Kisah Athlas bersama keluarga dan sahabatnya masih panjang, penuh liku, dan begitu rumit. Sederet persoalan pelik mewarnai kehidupannya. Misalnya, saat ia diusir dari rumah oleh ayah akibat membolos sekolah dan pulang larut malam, saat Laudia kepergok selingkuh sama Toufan, kemarahan Athlas pada Vella atas kesalahpahaman yang perlu diluruskan, ditambah lagi ketika ayah Athlas mengalami perampokan usai pulang kerja, dan lain sebagainya.

Namun, apa pun persoalan yang muncul, pada akhirnya semua dapat diselesaikan dengan baik dan berakhir manis. Semua karena didasari kekuatan cinta dari keluarga, saudara, dan para sahabat terbaiknya.

Resensi oleh: Sam Edy Yuswanto

Comments(44)

    • Dita Sheilla Putri

    • 2 years ago

    Paling suka ama ni cerita.

    • Dita Sheilla Putri

    • 2 years ago

    Paling suka ama ni cerita.

    • Joice pandiangan

    • 2 years ago

    Persahabatan Pria dan wanita itu ujung-ujung nya pastii ke frend zone.

    • Joice pandiangan

    • 2 years ago

    Persahabatan Pria dan wanita itu ujung-ujung nya pastii ke frend zone.

    • Tiza Novianti Suci R

    • 2 years ago

    ITS THE LOVE SHOT
    NA NANA NANANA
    NA NANA NANANA

    • Tiza Novianti Suci R

    • 2 years ago

    ITS THE LOVE SHOT
    NA NANA NANANA
    NA NANA NANANA

  1. Benihnya nakulana ?

  2. Benihnya nakulana ?

    • Indah sekar kinasih

    • 2 years ago

    Parah sih ini novel terdebest bangettt setelah Senior pastinyaaa. Jadi ini kayak kita berimajinasi tentang teknologi” yang ada dimasa depan yang super canggih??

    • Indah sekar kinasih

    • 2 years ago

    Parah sih ini novel terdebest bangettt setelah Senior pastinyaaa. Jadi ini kayak kita berimajinasi tentang teknologi” yang ada dimasa depan yang super canggih??

    • Nurul Aliyah

    • 2 years ago

    Ini mah tokoh aslinya beneran mirip banget sama yg diceritain di wattpad. Petakilan, ganjen, hahha pokoknya athlas lucu, ganteng uga hahha

    • Nurul Aliyah

    • 2 years ago

    Ini mah tokoh aslinya beneran mirip banget sama yg diceritain di wattpad. Petakilan, ganjen, hahha pokoknya athlas lucu, ganteng uga hahha

    • Alif Bintang Hasiholan Pohan

    • 2 years ago

    Plisss, ini novel terbaik sepanjang masa. Bener2 buat pembacanya seolah masuk ke dalam cerita. Tokohnya juga unik dan lain dari novel2 biasanya.

    • Alif Bintang Hasiholan Pohan

    • 2 years ago

    Plisss, ini novel terbaik sepanjang masa. Bener2 buat pembacanya seolah masuk ke dalam cerita. Tokohnya juga unik dan lain dari novel2 biasanya.

  3. Novel Athlas ini salah-satu novel recommended versiku*pastinya versi kalian juga ye kan readers”.. Karena, katanya disini bukan aja ttg cinta, tapi keluarga dan sahabat, uwuu banget ga tuh. Tapi, sayangnya aku belum kesampean buat beli novel recommended ini:( Semoga saja ada kesempatan buat bisa meluk Athlas<3

  4. Novel Athlas ini salah-satu novel recommended versiku*pastinya versi kalian juga ye kan readers”.. Karena, katanya disini bukan aja ttg cinta, tapi keluarga dan sahabat, uwuu banget ga tuh. Tapi, sayangnya aku belum kesampean buat beli novel recommended ini:( Semoga saja ada kesempatan buat bisa meluk Athlas<3

    • Alvi Ramdha Wardhani

    • 2 years ago

    Dududu Novel Athalas asli Bagus banget dahh

    • Alvi Ramdha Wardhani

    • 2 years ago

    Dududu Novel Athalas asli Bagus banget dahh

    • Alvi Ramdha

    • 2 years ago

    Athaaaaa ????

    • Alvi Ramdha

    • 2 years ago

    Athaaaaa ????

    • Citra

    • 2 years ago

    Setujuuuu,,

    Sumpah aku baca ini nangis.,, tapi suka sma athlas,, dia bisa nunjukin ke nakula bahwa dia bisa , sedih pas baca nakula maksa² athlas

    • Citra

    • 2 years ago

    Setujuuuu,,

    Sumpah aku baca ini nangis.,, tapi suka sma athlas,, dia bisa nunjukin ke nakula bahwa dia bisa , sedih pas baca nakula maksa² athlas

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Bener bangettttttttt, baca athlas itu rasanya campur aduk, sedih seneng galau, kokoh bener2 bikin pembacanya baperrr bgt

    • Shabrina

    • 2 years ago

    Bener bangettttttttt, baca athlas itu rasanya campur aduk, sedih seneng galau, kokoh bener2 bikin pembacanya baperrr bgt

    • Febriansyah

    • 2 years ago

    Kadang orangtua suka ngebeda-bedain anaknya, walau gitu tetap ada rasa sayang untuk kita.

    • Febriansyah

    • 2 years ago

    Kadang orangtua suka ngebeda-bedain anaknya, walau gitu tetap ada rasa sayang untuk kita.

    • Ira Yudhistyra Sianturi

    • 2 years ago

    Pernah baca, tapi cuman separuh? ga sampe habis?

    • Ira Yudhistyra Sianturi

    • 2 years ago

    Pernah baca, tapi cuman separuh? ga sampe habis?

  5. Suka banget sama novel ini gatau lagi ini baper banget dan visualny itu pas banget gtuuuu huhu

  6. Suka banget sama novel ini gatau lagi ini baper banget dan visualny itu pas banget gtuuuu huhu

    • Jauharah

    • 2 years ago

    Suka banget sama novel ini, semua perasaan kyk dicampur jadi satu. Baper..

    • Jauharah

    • 2 years ago

    Suka banget sama novel ini, semua perasaan kyk dicampur jadi satu. Baper..

    • balqis

    • 2 years ago

    wahh bagus resensinya, lengkap. jadi mantep deh hati buat belike novelnya. terima kasih kak, semoga selalu menginspirasi dan memberi manfaat ?✨

    • balqis

    • 2 years ago

    wahh bagus resensinya, lengkap. jadi mantep deh hati buat belike novelnya. terima kasih kak, semoga selalu menginspirasi dan memberi manfaat ?✨

    • Alya Chaerunissa

    • 2 years ago

    Aslii Baperrr ???

    • Alya Chaerunissa

    • 2 years ago

    Aslii Baperrr ???

    • Vindi alvionita

    • 2 years ago

    Baper banget baca novel ini

    • Vindi alvionita

    • 2 years ago

    Baper banget baca novel ini

    • Vindi alvionita

    • 2 years ago

    Dari kisah bapaknya sampe keanak”nya bikin baper semuanya

    • Vindi alvionita

    • 2 years ago

    Dari kisah bapaknya sampe keanak”nya bikin baper semuanya

    • Vindi alvionita

    • 2 years ago

    Novelnya sekali bac Melekat banget di pikiran

    • Vindi alvionita

    • 2 years ago

    Novelnya sekali bac Melekat banget di pikiran

    • Vindi alvionita

    • 2 years ago

    Jadi pengen versi bukunya

    • Vindi alvionita

    • 2 years ago

    Jadi pengen versi bukunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *