Penulis Anak atau Remaja Wajib Ikuti Acara Ini

Buat kamu yang masih SD atau SMA, hobi nulis atau berkarya melalui tulisan gak boleh kelewatan acara-acara seru bareng tim Pastelbooks ini. Sayang banget kan, udah rajin nulis terus karyanya cuma disimpan buat diri sendiri mending seru-seruan bareng teman baru dari seluruh Indonesia.

  • KPCI (Konferensi Penulis Cilik Indonesia)

Diselenggarakan sejak tahun 2008, KPCI adalah sebuah kerjasama dari Mizan Publishing bersama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud). Lebih dari 1800 siswa dari ratusan sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia diundang ke acara KPCI, tapi hanya sekitar 100 orang terpilih yang bisa lolos untuk dikarantina selama 4 hari 3 malam di tempat yang ditentukan panitia. Biasanya kota karantina gak jauh-jauh antara Jakarta-Bogor.

Para peserta yang lolos akan diajak mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan, ilmu, juga pengalaman mereka di bidang tulis menulis. Mereka juga akan ditantang untuk membuat satu karya pamungkas untuk dilombakan bersaing dengan para pesera lainnya. Kategori lomba terdiri dari cerpen, syair, pantun, dan dongeng.

  • ARKI (Akademi Remaja Kreatif Indonesia)

Tahun 2019 ini adalah tahun ke-6 penyelenggaraan ARKI, acara ini digagas untuk menyalurkan talenta menulis anak-anak yang sudah beranjak remaja dan masuk SMA. Sama seperti KPCI, program ARKI pun merupakan bentuk kerjasama Mizan dengan Kemendikbud. Namun, nama programnya diganti menjadi FLS (Festival Literasi Sekolah) sesuai dengan kebijakan Kementerian. Kategori lomba di FLS terdiri dari, cerpen, syair, komik, dan meme.

Nah, menarik kan acaranya? Buat yang ingin ikut serta dalam ajang bergengsi ini pantau terus akun media sosial @arkimizan dan @kkpkmizan. Persiapkan diri dan karya terbaik kalian, biasanya acara ini diadakan di bulan September atau Oktober setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *