fbpx

Blog

baca

Membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan dan merupakan hobi bagi sebagian orang. Apakah kamu salah satunya?

Ternyata, membaca memberi banyak manfaat untuk kehidupan kita, lho. Selain menambah wawasan, membaca memiliki sederet manfaat lainnya.

Seperti yang diberitakan Inc.com, berikut manfaat membaca.

 

Membaca fiksi membantu kamu lebih terbuka dan kreatif.

Kamu pasti tahu yang pertama ini, bukan? Manfaat ini bukan hanya omongan saja. Tetapi, ada penelitiannya. Penelitian yang dilakukan Universitas Toronto mengungkapkan, pembaca cerita pendek fiksi menjadi lebih terbuka dibandingkan dengan mereka yang membaca esai nonfiksi.

Meski demikian, bukan berarti fiksi lebih baik dari non-fiks, ya. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Kamu berada di tim mana, fiksi atau non-fiksi?

 

Orang yang membaca buku akan hidup lebih lama.

Berdasarkan peneliti Universitas Yale, membaca buku selama 30 menit setiap hari hidup rata-rata 23 bulan lebih lama daripada orang yang tidak membaca buku.

Alasannya, membaca buku menciptakan keterlibatan kognitif yang meningkatkan banyak hal, termasuk kosakata, keterampilan berpikir, dan konsentrasi. Itu juga dapat memengaruhi empati, persepsi sosial, dan kecerdasan emosional, yang jumlahnya membantu orang-orang tinggal di planet ini lebih lama.

 

Membaca 50 buku setahun adalah sesuatu yang harus Anda capai.

Berapa buku yang kamu baca setiap bulan? Satu, dua, atau lebih? Atau jangan-jangan kamu tidak membereskan sama sekali?

Biasanya, alasan yang sering kamu berikan adalah tidak memiliki waktu lebih karena sibuk. Benar, bukan?

Namun menurut penulis Stephanie Huston, alasan itu adalah pemikiran untuk mereka yang lemah. Sekarang ia telah membuat capaian untuk membaca 50 buku dalam setahun.

Ia bisa membaca di perjalanan, selama istirahat kerja, sambil menunggu antrean, dan sebelum tidur. Beranikah kamu melakukannya?

Ia mengaku lebih memiliki kedamaian dan kepuasan dalam memperbaiki tidur ketika rajin membaca.

 

Orang-orang sukses adalah pembaca.

Salah satu kunci sukses adalah rajin belajar dan memiliki pengetahuan yang luas. Membaca bisa jadi kunci untuk mendapatkan kunci sukses tersebut.

Ratusan eksekutif sukses membagikan buku-buku yang telah membantu mereka mencapai kesuksesan mereka saat ini. 

So, tunggu apalagi nih. Rajin-rajinlah membaca agar hidup kita lebih bermanfaat. Perihal buku yang dibaca, itu tergantung kesukaan masing-masing, ya. Selamat membaca.

Comments(50)

    • Novela angela tesa

    • 1 year ago

    Suka baca tapi baca novell gitu gimana dong

    • Novela angela tesa

    • 1 year ago

    Suka baca tapi baca novell gitu gimana dong

    • Indah sekar kinasih

    • 1 year ago

    Wah min target aku sih melebih 50 buku dalam setahun apalagi kalo novel sama pelajaran” astronomi wah rasanya pengen borong semua buku yang berhubungan sama astronomi kalo ke toko buku? Tapi klo ketoko buku kesampeannya beli novel doang ga kebeli yang astronominya:(

    • Indah sekar kinasih

    • 1 year ago

    Wah min target aku sih melebih 50 buku dalam setahun apalagi kalo novel sama pelajaran” astronomi wah rasanya pengen borong semua buku yang berhubungan sama astronomi kalo ke toko buku? Tapi klo ketoko buku kesampeannya beli novel doang ga kebeli yang astronominya:(

    • Alif Bintang Hasiholan Pohan

    • 1 year ago

    Gimana ya.. intinta membaca itu udh lekat banget sama saya. Udh jadi self routine gitu. Dan pastinya baca itu memang yg terbaik??

    • Alif Bintang Hasiholan Pohan

    • 1 year ago

    Gimana ya.. intinta membaca itu udh lekat banget sama saya. Udh jadi self routine gitu. Dan pastinya baca itu memang yg terbaik??

  1. Wahhh

  2. Wahhh

    • Johana

    • 1 year ago

    Mantap padahal sering baca buku tapi gak sampe 50 buku sih???

    • Johana

    • 1 year ago

    Mantap padahal sering baca buku tapi gak sampe 50 buku sih???

  3. Setaun ditarget 50 buku? Gayakin bisa gue wkwkwk 10 aja blm tentu cuy

  4. Setaun ditarget 50 buku? Gayakin bisa gue wkwkwk 10 aja blm tentu cuy

    • Jauharah

    • 1 year ago

    Setahun target 50 buku, bisa ngk ya? ?

    • Jauharah

    • 1 year ago

    Setahun target 50 buku, bisa ngk ya? ?

    • Febriansyah

    • 1 year ago

    Aku sih lebih pro ke tim fiksi. Bener banget membaca itu membuatku menjadi lebih sedikit sukses. Dulu sih, matematika jadi susah banget gara-gara nggak sering baca. Tapi, sekarang jadi seru banget deh kalau udah tahu konsepnya dan tahu referensi yang tepat. Admin, bagi tips membaca kilat dong!!! Aku mau nih, soalnya aku tuh kalau baca fiksi suka lama daripada non fiksi. Aku juga mau kejar target 50 buku bacaan dalam setahun!!! ???

    • Febriansyah

    • 1 year ago

    Aku sih lebih pro ke tim fiksi. Bener banget membaca itu membuatku menjadi lebih sedikit sukses. Dulu sih, matematika jadi susah banget gara-gara nggak sering baca. Tapi, sekarang jadi seru banget deh kalau udah tahu konsepnya dan tahu referensi yang tepat. Admin, bagi tips membaca kilat dong!!! Aku mau nih, soalnya aku tuh kalau baca fiksi suka lama daripada non fiksi. Aku juga mau kejar target 50 buku bacaan dalam setahun!!! ???

    • Alya Chaerunissa

    • 1 year ago

    Betull banget orang sukses adalah pembaca?? makin banyak baca makin banyak ilmu ??

    • Alya Chaerunissa

    • 1 year ago

    Betull banget orang sukses adalah pembaca?? makin banyak baca makin banyak ilmu ??

  5. Suka bngett baca apalgi yng berbau budaya, politik sama alam tpi itu ketika mood gw lagi gak sering2 baca itulah yng gw harus ubah mulai sekrang

  6. Suka bngett baca apalgi yng berbau budaya, politik sama alam tpi itu ketika mood gw lagi gak sering2 baca itulah yng gw harus ubah mulai sekrang

  7. tadalafil

    tadalafil

  8. tadalafil

    tadalafil

  9. cialis generic

    cialis generic

  10. cialis generic

    cialis generic

  11. buy cialis

    buy cialis

  12. buy cialis

    buy cialis

  13. Amin????
    moga saya jadi org sukses dan berguna dimasadepan

  14. Amin????
    moga saya jadi org sukses dan berguna dimasadepan

    • Shabrina

    • 1 year ago

    Aamiin, semoga bisa benar-benar sukses

    • Shabrina

    • 1 year ago

    Aamiin, semoga bisa benar-benar sukses

    • Shabrina

    • 1 year ago

    Menambah pengetahuan juga tentunya

    • Shabrina

    • 1 year ago

    Menambah pengetahuan juga tentunya

    • Vindi alvionita

    • 1 year ago

    Gak rugi klo punya hobi baca???

    • Vindi alvionita

    • 1 year ago

    Gak rugi klo punya hobi baca???

    • Vindi alvionita

    • 1 year ago

    Membaca bisa tambah wawasan

    • Vindi alvionita

    • 1 year ago

    Membaca bisa tambah wawasan

    • Vindi alvionita

    • 1 year ago

    Budayakan literasi

    • Vindi alvionita

    • 1 year ago

    Budayakan literasi

    • Vindi alvionita

    • 1 year ago

    Anak” indonesia harus rajin baca

    • Vindi alvionita

    • 1 year ago

    Anak” indonesia harus rajin baca

    • Vindi alvionita

    • 1 year ago

    Apalagi dengan baca buku bisa panjang umur

    • Vindi alvionita

    • 1 year ago

    Apalagi dengan baca buku bisa panjang umur

  15. Aamiinn semogaa bisa suksess

  16. Aamiinn semogaa bisa suksess

  17. Buku adalah jendela duniaa.. Dan membaca merupakan kuncii untuk membuka jendela dunia yang membuat kita sukses kedepannyaa?

  18. Buku adalah jendela duniaa.. Dan membaca merupakan kuncii untuk membuka jendela dunia yang membuat kita sukses kedepannyaa?

  19. Ayoo baca buku??

  20. Ayoo baca buku??

  21. Agar jadii suksess kedepannyaa aamiin

  22. Agar jadii suksess kedepannyaa aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *