Rasanya Jadi Siswa Menginjak Kelas 12

siswa

Pusing, penat, belajar terus, sampai banyak tekanan dari sana-sini buat masuk kampus mana. Haduuuuh, puyeng! Rasanya pengen kembali ke masa SD pas enggak pusing mikirin pelajaran Fisika, Kimia, atau Sejarah. Apalagi sekarang menginjak kelas 12 membuat tanggung jawab lebih tinggi dan penuh.

Enggak mungkin juga bisa tetap di kelas yang sama atau kembali ke masa lalu. Roda terus berputar dan tantangan semakin di depan. Siap menghadang dan melakukan penyerangan supaya tetap siap membangun masa depan. Kelas 12 ternyata tidak semudah itu. Kemudian aku harus bagaimana?

Belajar buat UN juga perlu banget. Di sisi lain, aku pengen banget dong main sama teman-teman. Bentar lagi kan enggak bisa ketemu mereka setiap saat. Tapi, orang tua nyuruh bimbel aja terus setiap sore. Padahal tenaga buat mikir sudah habis!

Belum lagi mikir kalau kita enggak bisa masuk kuota SNMPTN. Kita mesti belajar lagi mati-matian supaya masuk Perguruan Tinggi Negeri idaman. Mau banget deh masuk Fakultas Kedokteran supaya mama papa bangga. Tapi, aku pengen banget jadi Psikolog. Tapi mereka enggak setuju.

Biasanya, kamu suka gimana sih menghadapi hal itu? Apa kamu ikuti kata hati atau kata orang tua? Sobat Pastel, rencana tersebut memang mesti diobrolkan kepada orang tua. Karena mereka yang akan membiayai kamu sampai lulus. Jika orang tua tidak ada, pastikan beasiswa seperti bidik misi dapat kamu ambil ya. Diskusikan dengan guru kelasmu.

Kuliah menjadi tahapan penting untuk menjajaki kedewasaan. Meskipun tidak semua memiliki privilege berkuliah, kamu mesti meraihnya dengan cara apapun. Bagi kamu yang merasa orang tuanya tak mampu membiayai, atau sudah tidak ada orang tua, pastikan kamu mendapatkan beasiswa pemerintah supaya gratis masuk kuliah.

Selain itu, kamu juga mesti berburu informasi beasiswa lainnya sebab ada beberapa perguruan tinggi (meskipun bukan negeri) memberi jatah kursi gratis bagi mereka yang tidak mampu atau mereka berprestasi.

Kesibukanmu semasa SMA seperti ikut lomba atau organisasi bisa menjadi modal awal untuk mencapai gerbang beasiswa.

Memang tidak semua harus berkuliah. Tetapi dengan kuliah, kamu akan menemukan cakrawala baru, pandangan dan realita terkini, proses belajar yang membuatmu semakin bertanggung jawab dan kreatif, serta survive di tengah badai menghadangmu.

BACA JUGA : TAHU ENGGAK SIH, 46 PERSEN GAMER ADALAH PEKERJA KANTORAN?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *