Sudahi Saja Pacaran Dini Itu

Image by Free-Photos from Pixabay

Pacaran terlalu dini itu enggak baik. Pacaran juga bukan hal yang baik-baik juga. Tapi kalau suka, ya wajar manusiawi. Asal kamu enggak terlena sama hubungan yang belum sepantasnya kamu jalani.

Pacaran dini, yakni menjalin hubungan suka sama suka, sayang sama sayang, dengan embel-embel romansa dalam kalimat pesan, ya mending sudahi saja. Apalagi kamu masih SD, ya adik-adik. Atau masih SMP?

Adik-adik, menyukai orang itu wajar. Perasaan suka terhadap lawan jenis itu fitrah pemberian Tuhan. Namun, alangkah baiknya dikendalikan atau disalurkan dengan cara yang baik.

Meskipun banyak sekali film yang tayang di waktu yang tak sesua, atau pengawasan orang tua yang lengah, kamu pun harus menjaga pertahanan diri dari cinta yang akhirnya berujung kesia-siaan. Apalagi kalau masih SD dan SMP. Pacaran bukanlah solusi atau jenjang yang kamu harus lakukan di usia tersebut.

Mengapa? Karena usia SD, SMP, atau SMA sendiri lebih baik dihabiskan untuk mencoba berbagai hal. Mulai dari menjajal berbagai ekskul, latihan silat, belajar berenang, memanah, main di sawah, ikut lomba tari, berpuisi, sampai berpidato di mimbar. Hal-hal itu akan memberi jalan buat kamu untuk menemukan hal yang paling disukai dan ingin dijadikan profesi yang menghasilkan di kemudian hari.

Usia SD dan SMP juga belum saatnya kalian saling mengungkapkan perasaan suka dan cinta ke lawan jenis. Atau meniru gaya pacaran ala ala barat dan sinetron. Bisa jadi, hal-hal buruk datang atau kamu malah enggak fokus sama pelajaran.

Di usia dini, sebaiknya perlihatkan prestasi atau kemampuan serta kegemaran yang ingin dijadikan aktivitas. Banyak berlari dan membaca juga bersosialisasi dengan teman-teman. Ikut OSIS juga bakal seru supaya mengetahui lika-liku berorganisasi.

Soalnya, kalau kamu pacaran dini, akibatnya juga banyak negatif dalam diri. Selain kamu jadi dewasa terlalu dini, kamu malah enggak punya waktu buat mengembangkan diri. Malah fokus sama doi~

Jadi, suka mah wajar. Asal enggak usah pake komitmen ulala kayak udah ijab qabul aja, neng.

BACA JUGA : 5 BUKU ASYIK BUAT DIBELI DI BULAN SEPTEMBER