Suka Minjem Buku? Intip Tipe yang Kamu Banget!

Para pencinta buku kadang suka kesal kalau menghadapi orang yang suka minjem buku tapi enggak balik lagi? Padahal itu kan buku kesayangan, belinya pakai uang hasil menabung, bahkan harus buru-buru membeli sebelum sold out.

Kita juga enggak tega kalau teman dekat kita mau minjem. Jadi, ya sudah kita beri pinjam saja kepada mereka. Tapi, jangan-jangan kamu juga pernah menjadi peminjam buku dan masuk ke dalam tipe-tipe di bawah? Cek deh tipe mana yang kamu banget!

Tukang Pinjam ke Perpustakaan

Bagi para pencandu buku, perpustakaan jadi hal wajib setelah mengunjungi tempat ibadah!? Haha. Biasanya di perpustakaan punya banyak koleksi buku mulai dari buku sejarah, akademis, religi, hingga fiksi. Kalau sudah candu dengan perpustakaan, kamu suka enggak bisa pulang. Bahkan seharian di sana sampai rutin meminjam setiap minggunya. Kalau enggak perpustakaan daerah, ya mentok-mentok perpustakaan sekolah.

Pinjam ke Ruang Buku Komunitas

Maksud dari meminjam ke ruang buku komunitas adalah meminjam buku di tempat-tempat peminjaman buku yang didirikan oleh perseorangan atau komunitas. Kalau di Bandung, kamu bisa ke Kineruku sambil ngopi cantik. Bisa juga mengunjungi Tobucil yang penuh dengan aktivitas literasi.

Tim Nungguin Temen

Biasanya, kalau sudah ada teman yang baru aja beli buku, kita langsung antre buat meminjamnya. Sebagai tim menunggu teman rampung membaca, hal ini juga bikin kita awet dompet. Apalagi kalau uang jajan pas-pasan, ya mending pinjam temen. Enggak usah jauh ke perpustakaan daerah atau ruang literasi lainnya. Hehe

Lupa Kembalikan Buku

Hayooo, siapa yang suka mager buat mengembalikan buku? Baik mengembalikannya ke perpustakaan atau teman sendiri. Duh, jangan sampai deh kena denda kebanyakan. Nanti pusing kan nutupinnya. Yuk jadi peminjam buku yang cerdas dan bertanggung jawab!