Blog

self love

Pernah enggak sih merasa minder karena orang-orang di sekeliling kita jago skill tertentu? Atau, merasa sedih karena kita kok nggak bisa apa-apa? Pikiran-pikiran tadi mungkin pernah mampir dalam kepala kita sehingga membuat kita enggak percaya diri. Ini beberapa hal yang bisa kita lakukan agar kita bisa lebih mencintai diri sendiri dan mensyukuri diri kita.

  • Menulis Hal Positif tentang Diri Sendiri

Tiap kali gagal, sering kali kita menyalahkan diri sendiri, kurang persiapan lah, kurang referensi, kurang latihan dan sebagainya. Wajar sih, kita berfikir begitu. Tapi jangan sampai kegagalan itu membuat kita membenci diri sendiri. Lepas dari kegagalan itu, kita telah melewati banyak proses yang membawa kita mencapai apa yang kita dapat sekarang. Coba tulis deh, apa saja yang sudah kita lakukan. Sesederhana kita bisa menyelesaikan novel yang udah kita beli atau menulis satu paragraf misalnya.

  • Memberi Reward

Pernah enggak sih, dihadapkan dengan sesuatu yang sulit? Atau hal baru yang berat buat kita lalui? Misal kita harus lulus dengan nilai tertentu agar bisa masuk Universitas impian kita. Atau tiba-tiba kita diminta untuk tampil di depan umum sementara kita tipe orang yang tidak nyaman untuk tampil? Atau kita dapet tugas dari guru yang menurut kita sulit dikerjakan. Apapun yang menjadi target kita, ternyata kita berhasil menyelesaikannya, berilah reward untuk kita. Tunjukkan rasa terima kasih kita pada diri sendiri karena telah berhasil melaluinya dengan tanggung jawab. Reward-nya tidak harus yang besar-besar, misal makan makanan favorit atau nonton film kesukaan.

  • Me Time

Kesibukan harian sering kali menguras energi fisik maupun pikiran sehingga kita lupa untuk perawatan. Me time sangat perlu untuk memulihkan tubuh kita dari kelelahan. Kita bisa nyalon, membaca buku kesukaan, atau pergi ke tempat yang menyenangkan.

  • Olahraga

Olah fisik akan berimbas juga ke pikiran. Olahraga selain membuat tubuh kita menjadi segar kembali, peredaran darah ke otak juga lebih lancar. Seperti dikutip dari Boldsky, latihan fisik dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh termasuk otak. Ketika otak menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi, otak cenderung akan bekerja dengan baik. Bukan cuma itu, beberapa studi menunjukkan bahwa area di otak yang mengatur ingatan akan aktif kembali saat kita rutin melakukan olahraga.

  • Komunitas Positif

Saat kita diserang oleh pikiran-pikiran negatif terhadap diri sendiri, kita butuh orang lain untuk menyelamatkan diri kita dari pikiran negatif itu. Tentu saja orang lain itu adalah orang yang memiliki aura positif sehingga kita bisa terbawa oleh energi positifnya.

  • Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Tidak akan sama pohon mangga dengan pohon tomat. Begitu juga diri kita dengan orang lain tidak akan pernah sebanding. Masing-masing orang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tentu saja setiap pribadi memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Jadi, stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain, apalagi berakibat kita jadi minder dan tidak menghargai diri sendiri. 

  • Menghargai Pilihan Sendiri

Suatu saat mungkin kita pernah menyesal terhadap pilihan sendiri. Pernah meragukan keputusan yang pernah kita ambil. Malu atau merasa salah karena orang lain menganggap apa yang kita lakukan tidak umum dilakukan. Kejadian seperti ini mungkin pernah kita alami. Dalam cerita Utara karya Bayu Permana, Uttam, tokoh utama dalam cerita ini merepresentasikan pribadi yang terus melawan stigma masyarakat yang menyerang dirinya. Dia tampil sejujur mungkin dalam menjalani hidupnya. Seolah ia ingin menunjukkan bahwa pilihan yang telah kita ambil lebih tepat sesuai dengan kebutuhan kita. Dalam cerita ini banyak quote yang menguatkan kita agar kita dapat tampil seorisinal mungkin dan menjadi diri sendiri secara utuh. Membaca cerita ini membuat kita merasa tidak sendiri melawan stigma yang mungkin saja sewaktu-waktu menyerang kita. Seolah Bayu ingin memberi pesan, kamu tidak sendiri. Mari bersama-sama melawan stereotipe yang tidak relevan dengan diri kita. Cerita ini pertama kali muncul di platform Wattpad dan telah mendapat predikat The Winner of Wattys 2019 dalam kategori Young Adult. Cerita ini akan dirilis oleh Pastel Books dalam bentuk buku pada bulan April 2020.

Itu beberapa poin yang bisa kita lakukan untuk membuat kita dapat mencintai diri sendiri. Ada kutipan menarik dari cerita Utara untuk lebih menghargai dan mencintai diri sendiri, begini kutipannya Don’t be afraid of showing the world your true color, you are fine just the way you are.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *