Tips Biar Indekos Enggak Nyeremin

Resiko anak rantau harus siap sedia menyewa indekos untuk beberapa tahun ke depan. Titah orang tua setelah SMA harus kuliah membuat kita kudu berpikir keras mencari tempat yang nyaman supaya betah di kota seberang. Mending kalau kampusnya ada di domisili kita. Lha kalau kampus di kota kelahiran enggak ada yang cocok? Terpaksa merantau dong demi pendidikan yang lebih baik.

Indekos memang erat dengan mahasiswa. Mulai dari yang kamarnya hanya cukup kasur saja, hingga kamar yang memiliki kamar mandi di dalam. Bisa juga indekos yang menyatu dengan si empunya rumah atau di sebuah bangunan yang memang khusus dibuat sebagai indekos.

Di setiap indekos pasti ada saja cerita, selentingan, atau kabar yang bikin suasana indekos kita nyeremin. Entah cerita orang-orang atau memang sepi dari keramaian. Tapi tenang, Pastel Books punya tips supaya indekos kamu enggak seseram itu.

  1. Sering ajak teman ke indekos untuk sekadar rehat dari kelas. Biasanya, ada saja mata kuliah yang memiliki jadwal menggantung. Misalnya, dalam satu hari ada dua mata kuliah. Pelajaran pertama dimulai pukul 08.00-12.00. Sedangkan pelajaran kedua pukul 15.00-17.00. Manfaatkan waktu siang senggangmu bersama teman untuk makan siang di indekos atau diskusi soal pelajaran tadi. Indekos kamu nanti ramai deh.
  2. Buat agenda masak-masak bersama teman se-indekos. Kalau kamu punya tetangga indekos, berbaurlah supaya semuanya saling dekat dan mengenal. Biasanya di akhir pekan kalian bisa bertemu sambil menonton tv di dapur. Kemudian rencanakan agenda masak-masak setiap minggu atau setidaknya sebulan sekali. Indekos kamu akan semakin hangat suasananya.
  3. Indekos yang bersih dan rapi adalah tempat yang nyaman untuk ditinggali. Usahakan untuk menaruh sampah pada tempat yang sesuai, selalu mencuci piring usai makan, dan menaruh sepatu dengan rapi sehingga suasana indekos nyaman dan indah. Buka jendela kamar supaya matahari menyinari indekosmu.
  4. Pasang poster menyenangkan di dinding kamar sembari menghiasinya dengan beberapa properti lucu. Hal ini akan membuat kamu semakin betah dan nyaman untuk menempatinya.
  5. Jadwalkan kerja bakti satu indekos supaya semuanya sama-sama membersihkan keseluruhan rumah serta meramaikan suasana indekos akibat gotong royong.