Tipe-Tipe Tukang Pinjam Buku

Ada banyak tipe di dunia ini soal orang yang suka pinjam buku. Mulai dari yang baik hati, ngeselin, bikin rusak, bahkan bikin nangis. Padahal, kita kan sudah membeli buku tersebut berdarah-darah! Mulai dari nabung yang tidak berkesudahan, antre di toko buku, bahkan sampai kehabisan. Eh pas dipinjem, entahlah buku itu di mana.

Pastel Books sudah menilai beberapa tipe yang biasa hadir dalam dunia peminjam bukuan. Parahnya lagi kalau itu terjadi di perpustakaan sekolah atau kampus. Beuh, mati lah kau! Bisa jadi kamu gagal jadi sarjana! Kok bisa? Intip tipe-tipenya di bawah ini ya.

Balikin Entah Kapan, Selaw Aja!

Tipe ini nih yang bikin kita sebel. Mau nagih, enggak enak. pas disuruh kembaliin, dia lupa mulu. Bertahun-tahun kali ya dia taro buku kesayangan kita di rumahnya. Berdebu dan menguning bahkan kena air tetesan hujan dari atap kamarnya kan bisa jadi!!? Terus, gimana nasib buku kita? Ya Tuhan, tolong jauhkan aku dari tukang pinjam macam ini.

Taat dan Tepat Waktu

Nah, suka nih sama orang yang taat dan tepat waktu. Dia bilang minjem novel Dilan 1990 punya aku. Katanya seminggu, eh malah balikkin besok dong. Katanya udah selesai bacanya. Malah, dia suka ngasih sesuatu karena kita baik udah minjemin buku Dilan yang lagi ngehits itu jadi dia enggak usah beli, kan. Enggak apa-apa lah, kasihan. Daripada dia beli buku bajakan?

Pinjam dan Hilang

Makhluk kayak gini harus diapain guys? Udah minjemin, eh malah ngilangin! Haduh.. Katanya, nanti diganti ya. Tapi kan enggak bisa gitu. Itu buku hadiah dari ibuku. Duh, besok-besok enggak mau deh minjemin ke orang yang suka melupakan buku orang. Buku orang aja dihilangkan, gimana dia bisa memperhatikan kamu?

Pura-Pura Lupa

Besok dia telpon aku kalau dia butuh banget buku pelajarannya. Soalnya, buku dia hilang entah kemana. (Atau emang enggak punya sih ya). Terus langsung saja meluncur buku pelajaranku lewat mamang ojek online. Esoknya, pas ditagih, dia enggak bawa. Katanya besok aja, besok aja. Sampai lulus sekolah pun enggak dibalikin juga. Taunya, buku aku malah diambil dia sambil ditulis namanya di balik buku itu. Katanya dia baru beli guys, dia lupa pernah minjam buku ke aku. Hadeuh…